UK Bahasan Asing UNP mengadakan English debat training.


 

Impiannews.com (Padang)

 Senin (23/11/2020) Unit Kegiatan Bahasa Asing Universitas Negeri Padang (UKBA UNP) mengadakan "English Debate Training (EDT) 2020". Kegiatan ini bertemakan "Zero to Hero, by Training to Trending". Dimana artinya mungkin saat ini kita bukan siapa-siapa, tapi nanti kita akan menjadi sosok luar biasa jika tetap berusaha dan belajar.  Agenda tahunan UKBA ini diselenggarakan mulai tgl 23 s/d 24 November 2020 yang dimulai hari Senin sebagai " Opening Ceremony" pukul 08.30 WIB dan dibuka oleh Bapak Wakil Rektor 3 UNP dalam hal ini diwakili oleh Bapak Syamsul Bahri dari Humas UNP Padang, sedangkan, untuk kegiatannya dilangsungkan setelah acara pembukaan.

Adapun latar belakang dari agenda ini yaitu National University Debating Championship (NUDC) dan National School Debating Championship (NSDC) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud RI serta beberapa ajang tingkat nasional lainnya. Guna untuk mempersiapkan SDM debaters nasional untuk berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi, maka EDT menjadi ajang penentuan perkembangan dan penilaian kemampuan dalam critical thinking khususnya di debat Bahasa Inggris. EDT (English Debate Training) tahun ini mengundang 3 (tiga) orang pemateri yang tentu saja sudah sangat berpengalaman dalam bidang debat. 
1. Firsttolia Sugianto (UGM)  sebagai pemateri pertama, yang mana dalam hal debat beliau sudah banyak mengikuti berbagai macam perlombaan ataupun kegiatan debat yang telah dilakukan, diantaranya Official Representative of Indonesia for Worlds University Debating Championship 2020, Champion of ALSA UI 2020, Gold Medalist speaker of National University Debating Championship 2020

2.  Batara Mulya (Binus), beberapa pengelaman yang telah diraih selama debat, yaitu: Monash Austlas 2020 Open Semi Finls Adjudicators, Champs dan 2nd Best and Funniest speakers of Meme Seger Open 2020, serta Invited judge experience on NSDC National Select 2020.

3. Kangen Drivama (UNAND) yang mana beliau juga banyak mengikuti sejumlah kegiatan dalam debat, beberapa diantaranya yaitu: Chief of Adjudicator on AIREF 2019, Speaker on ASEAN NEXT 2019 in Bangkok, Thailand, serta Invented adjudicator on Solok Selatan Regional Selection of NSDC 2019.

EDT yang diadakan secara daring melalui Zoom Meeting ini dihadiri oleh 151 debater dari seluruh Indonesia. Dalam pidato pembukaan Ketua UKBA, Sarah Asrina Harahap, mengatakan bahwa "Bahwasannya acara ini adalah bentuk persiapan kita dan pelatihan yang akan menghasilkan generasi yang berkembang" sebutnya. Begitu juga dengan Ketua Pelaksana English Debate Training (EDT) 2020 yaitu Rizki Atthoriq Hidayat memberikan sambutan dengan mengatakan "Semoga kegiatan ini dapat menjadikan para debater lebih berkualitas lagi dan lebih memiliki persiapan sebelum bertanding di ajang perlombaan".(UK-BA/Humas UNP).


Posting Komentar

0 Komentar