Pemko Payakumbuh Bentuk Tim Gugus PAUD HI 2020


IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Rapat Koordinasi Pembentukan Tim Gugus Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif (HI) Tahun 2020 di Kota Payakumbuh digelar di Ruang Pertemuan Ampangan, Lantai II Balaikota, Jumat (27/11).

Sekitar 20 Organisasi Perangkat Daerah dan stake holder terkait duduk bersama dipimpin Bunda PAUD Kota Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Azwardi dan Kasi PAUD Syafni Hasni.

Menurut Henny, Gugus tugas dalam PAUD HI meliputi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan organisasi kemitraan yang saling bersinergi dan menjadi tugas mereka sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI).

Adanya peran gugus tugas dalam penyelenggaraan PAUD HI adalah sarana untuk saling bertukar informasi dan saling membelajarkan antar anggota dengan lingkungan masyarakat terkait penyelenggaraan PAUD HI. 

Contohnya saja di OPD Pemko seperti DP3AP2KB, Disdukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, dan dinas lainnya. Sementara mitra kerja seperti Polri dan stakeholder lainnya ikut mengawasi agar anak mendapatkan rasa aman dalam menjalani kehidupannya.

"Jangan sampai ada kasus kekerasan dan kriminalitas terhadap anak, itu yang paling penting," kata Henny.

“Dengan adanya kegiatan yang dibantu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini, kita berharap seluruh OPD terkait yang tergabung dalam gugus tugas PAUD HI dapat melibatkan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program PAUD HI. Masyarakat memiliki peran penting sehingga rasa memilikinya terhadap program ini menjadi lebih kuat,” jelas Henny menambahkan.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Azwardi menyampaikan kepada mitra kerja OPD dan instansi lainnya. Sosialisasi telah dilakukan, bimtek juga telah dilakukan guna menyamakan persepsi tentang tugas apa saja yang akan mereka laksanakan dalam mewujudkan PAUD HI di Kota Payakumbuh dan rencananya kelar pada akhir tahun 2020 ini.

"Intinya, pengembangan PAUD HI harus didukung oleh setiap pihak, agar terwujud keinginan kita bersama kalau anak-anak usia dini benar-benar mendapatkan haknya dan cita-cita nasional mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud," jelasnya. (rel/014)

Posting Komentar

0 Komentar