4 Siswa SMPN 1 Payakumbuh Wakili Sumbar di GSI SMP Tingkat Nasional 2020


IMPIANNEWS.COM

Payakumbuh, --- Pandemi Covid19 kini tak lagi menjadi penghalang untuk berprestasi bagi jajaran SMPN 1 Payakumbuh dibawah pimpinan H. Defi Marlitra.

Prestasi tersebut terbukti melalui surat resmi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kepala Pusat Prestasi Sekjen Kemendikbud Nomor:2452/J3/PD/2020 tanggal 3 November 2020 tentang Penetapan Pemain dan Pelatih Gala Siswwa Indonesia (GSI) SMP Tingkat Nasional Tahun 2020. Dalam surat yang ditandatangani Asep Sukmayadi, tercantum ada 5 siswa SMP dari Sumatera Barat. Empat siswa diantaranya adalah siswa dari Payakumbuh, Yakni SMPN 1 Payakumbuh.

"Alhamdulillah, ini sebuah kabar gembira bagi keluarga besar dunia pendidikan Kota Payakumbuh. Ada 4 siswa kita yang lolos ikut Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada Tanggal 14 s/d 30 November 2020 di Bandung. Keempat siswa kita tersebut Adnand Gunawan, Caisar Dzaki Putra Adwinaris, Gala Pagamo, dan Putra Arrafi. Satu siswa lainnya Verga Septiawan dari SMPN 6 Pasaman Barat. Siswa kita tersebut selanjutnya akan didampingi Pelatih, Febriko Sastra dari SMPN 3 Payakumbuh. Mohon doa kita bersama, semoga kontingen GSI SMP dari Sumbar ini bisa mengharumkan nama Sumbar di Nasional,"terang Defi Marlitra didampingi Waka Siswa Evayani, Waka Kurikulum, Waka Sarpras Ivan Darmawan, dan Yulfero, Pelatih sekaligus guru olah raga sekolah ini, Rabu (04/11/2020) pagi.


Dikuatkan Yulfero, bahwa Kota Payakumbuh kirim 18 peserta GSI sekitar Bulan Mei lalu, dari jumlah tersebut, lolos sebanyak 9 siswa. Pada bulan September 2020, tim provinsi melakukan seleksi ulang sehingga loloslah 4 orang siswa. Salah satu siswa kita (Zikra Hudzaifah) yang juga berpotensi, tidak lolos. Karena ketinggalan nilai yang tipis dari siswa dari Pasaman Barat.

"Untuk latihan terhadap siswa kita, biasanya kita lakukan di Lapangan Porseba Kelurahan Subarang Batuang dan Lapangan Sei Durian.Ini adalah berita yang istimewa bagi kita di SMPN 1 Payakumbuh. Insyaallah, kita akan selalu supor mereka. Harapan kita, keempat siswa kita ini akan memotivasi siswa lainnya, untuk mengikuti sejarah mereka kelak. Dan mereka juga bakal semakin suskes, kedepannya,"terang Yulfero, sang pelatih.

Di ajang GSI nasional ini bakal dipantau langsung oleh coach Indra Syafri sebagai bibit timnas kedepan,"tandas Fero. 

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, H. Agustion saat dikomfirmasi terkait berita ini menyampaikan apresiasinya.

"Kami bangga. Ini Prestasi yang mèlampui perolehan tahun lalu. Nyaris dinominasi siswa Kita dari Kota Payakumbuh,"ucap Agustion, bangga.

Dipaparkannya, Gala Siswa Indonesia merupakan wadah bagi siswa untuk mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui olahraga yang dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Dan program ini sudah kita kembangkan dan ikuti setiap tahunnya,"pungkasnya.(014)


Posting Komentar

0 Komentar