Presiden RI Jokowi : Palestina Satu-Satunya Negara Peserta KAA yang Belum Merdeka

 

 Presiden RI Jokowi : Palestina Satu-Satunya Negara Peserta KAA yang Belum Merdeka


IMPIANNEWS.COM (Jskarta)

Presiden Joko Widodo menegaskan Indonesia mendukung penuh kemerdekaan Palestina. Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat berpidato pada Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) secara virtual, Rabu (23/9/2020).

"Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir dalam Konferensi Bandung (KAA) yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya. Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina untuk mendapatkan hak-haknya," ucapnya.

Jokowi menuturkan Indonesia terus bertekad menciptakan perdamaian dunia sesuai amanah konstitusi. Selain itu, Indonesia akan terus memainkan peran sebagai bagian dari solusi. Komitmen ini terus dijalankan termasuk saat Indonesia duduk sebagai Dewan Keamanan PBB.

"Spirit kerja sama akan selalu dikedepankan Indonesia, spirit yang menguntungkan semua pihak, tanpa meninggalkan satu negara pun. No one, no no country should be left behind," katanya.

Bagi Indonesia persamaan derajat antarbangsa dan antarnegara sangatlah penting. Hal ini sebagaimana ditekankan oleh proklamator Republik Indonesia Soekarno atau akrab disapa Bung Karno saat Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung pada 1955.

"Hingga kini prinsip Dasa Sila Bandung masih sangat relevan, termasuk untuk penyelesaian perselisihan secara damai, kemajuan kerja sama, dan penghormatan terhadap hukum internasional," tuturnya. ***




Post a Comment

0 Comments