Lazismu Salurkan Beasiswa Untuk 210 Orang Pelajar di Payakumbuh dan Limapuluh Kota

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) daerah Kota Payakumbuh kembali salurkan bantuan kepada pelajar SD, SMP, SMA dan panti asuhan. 

Menurut ketua Lazismu Kota Payakumbuh Amril Alza, tahun ini ada 79,5juta rupiah bantuan yang disalurkan kepada pelajar. Jumlah itu menurutnya, hanya 60 persen dibandingkan tahun 2019 lalu yang berjumlah 349juta rupiah, dengan penerima sebanyak 517 orang. 

"Pada tahun ini kita menyerahkan bantuan kepada 8 orang pelajar SD dengan jumlah beasiswa 200 ribu rupiah, 66 orang pelajar SMP menerima 250 ribu rupiah dan 136 pelajar SLTA menerima 350ribu rupiah. 

Sedangkan untuk panti asuhan kita serahkan sebanyak 13 juta 800 ribu rupiah," kata Amril Alza kepada media ini, Selasa (1/9/20).

Menurutnya, bantuan beasiswa itu telah diberikan sejak hari Kamis (27/8). Sebelumnya, Lazismu Payakumbuh juga telah memberikan bantuan untuk menghadapi pandemi Covid-19 berupa, 117 paket Sembako dan 10 kodi masker dengan uang zakat fitrah dan bantuan dari berbagai donatur senilai 34 juta rupiah. 

Amril Alza mengucapkan terima kasih kepada para pemberi zakat, infak, sedekah dan donatur kepada Lazismu Payakumbuh. Pihaknya mengakui pada tahun 2020 ini jumlah uang masuk ke Lazismu mengalami penurunan, hal itu terjadi karena tutupnya mesjid selama bulan Ramadhan akibat pandemi Covid-19. 

"Pada tahun 2019 total dana masuk ke Lazismu ada 557 juta rupiah, sedangkan pada tahun ini baru 225 juta rupiah," sebutnya.

Segala bentuk dana yang masuk ke Lazismu Muhammadiyah telah diserahkan kepada penerima zakat dengan berbagai bentuk, seperti beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa, pemberdayaan UMKM berupa modal usaha dan fasilitas usaha seperti gerobak. Bantuan peduli kesehatan berupa biaya berobat, bantuan biaya hidup, bantuan biaya bencana dan bantuan fiisabilillah atau dakwah.

Untuk tahun ini Lazismu Payakumbuh berencana akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu, anggarannya senilai 200juta rupiah. Lazismu mengharapkan zakat, infak, sedekah atau pun bantuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dapat disalurkan langsung ke Rekening Lazismu Payakumbuh bank Mandiri Syariah 7009625652.(*)