Penyuluh Pertanian Payakumbuh Juara III di Tingkat Sumbar

Kepala Dinas TPHP, Syafrizal melalui Sekretarisnya Maswal serahkan reward kepada Eldasari, di Padang. 

IMPIANNEWS.COM 
Payakumbuh, Eldasari, A. MD, salah seorang Penyuluh Pertanian PNS Dinas Pertanian Kota Payakumbuh mendapat penghargaan dari Gubernur Sumatera Barat, sekaligus dinobatkan sebagai PNS Teladan Penyuluh Pertanian Peringkat III tingkat provinsi.

Anugerah bergengsi yang mengharumkan nama Kota Payakumbuh di tingkat provinsi diterima Eldasari pada momen peringatan HUT RI ke 75 Tahun 2020 di Aula Dinas Tanaman Pagan Holtikultura dan Perkebunan Sumatera Barat di Padang, Senin (17/08/2020).

"Alhamdulillah, ini adalah berkat dukungan jajaran Pemko Payakumbuh, khususnya Dinas Pertanian. Terima kasih atas dukungan kita semua. Ini adalah prestasi Payakumbuh. Mohon arahan dan doa, semoga prestasi ini bisa Kami tingkatkan. Karena, Mempwetajankan prestasi adalah suatu yang berat. Sekali lagi terima kasih,"terang Eldasari pasca menerima penghargaan.

Ditambah Eldasari yang akrab disapa Dede, prestasi yang diraihnya adalah buah inovasi budi daya bawang merah periode tiga tahun di wilayah binaannya, yakni kelurahan Sicincin, Tiakar dan Payobasung, kecamatan Payakumbuh Timur.

Dede adalah anak dari pasangan Darwenis (purnawirawan Polri) dengan Rosniati Elmi (IRT). Keseharian keluarga besar ini adalah petani di Tanjung Enau, kelurahan Ompang Tanah Sirah. Bertani, bukan hal asing bagi Dede, ibu dari 3 orang anak dengan suami yang berprofesi sebagai wiraswasta.

"Juara I diraih Penyuluh Pertanian dari Kota Sawahlunto, Juara II diraih Penyuluh Pertanian kabupaten Sijunjung. Dan kita pada posisi III,"sebut Dede. 

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh H. Depi Sastra yang sedang dinas di Padang mengapresiasi kelincahan anggotanya.

"kita butuh penyuluh yang tangguh siap melayani petani dimana dan kapan saja. Seperti Dede Eldasari yang dekat dengan petani siap untuk selalu melayani dan mendampingi. Saya bangga dia (Dede) bisa meraih Penyuluh Teladan tingkat Sumbar . Semoga selalu mendedikasikan diri lebih baik lagi mengabdi untuk peningkatan kesejahteraan petani,"ungkap singkat Depi Sastra pada Rabu (19/08/2020).

Apresiasi Kepala Dinas Pertanian ikut diperkuat Sekretarisnya Usfa Haryanti, sembari menyampaikan ucapan selamat. 

"kami apresiasi atas prestasi yang diraih Dede. Meski perempuan, Kami mengenal seorang Penyuluh Pertanian yang gigih dan tulen dalam menjalankan tupoksinya selaku penyuluh Pertanian dan mitra Kelompok Wanita Tani (KWT) binaan Dinas ketahanan Pangan. Dede dikenal akrab dengan masyarakat dan kelompok tani di wilayah tugasnya. Bersama kelompok tani, Dede berhasil mengembangkan budi daya bawang merah,"apresiasi Usfa Haryanti.

Diterangkan Usfa Haryanti, Pemko Payakumbuh memiliki 49 Penyuluh Pertanian. 30 PNS Penyuluh Pertanian ditambah 19 THL TBPP (dibiayai provinsi). Semua Penyuluh Pertanian bertanggung jawab langsung kepada Kadis. Mereka ditempatkan di 5 kecamatan yang ada di Payakumbuh.

Apresiasi dan ucapan selamat juga disampaikan Camat Payakumbuh Timur, Irwan Suwandi.

"Kami mengenal Eldasari lebih banyak menghabiskan waktunya di daerah binaan. Rapat koordinasi sering berbenturan dengan kegiatan pembinaan lapangan oleh Dede. Dede lebih intens dengan tupoksinya, guna peningkatan kesejahteraan petani, dan KWT. Panen budi daya bawang merah kelompok tani Payobasung berhasil memproduksi 20-23 ton / hektare. Itu adalah binaan Dede. Selain itu, sukses panen raya oleh Walikota Payakumbuh bersama Dandim 0306/50 Kota di Payobasung, juga berkat binaan Dede,"beber mantan Kabid Humas Diskominfo, ini.

Diterangkan Irwan, di daerah binaan Eldasari terdapat 7 Keltan yang aktif dari sepuluh lebih keltan ditambah 5 KWT yang ada di kelurahan Payobasung.
"orang yang berprestasi perlu diapresiasi, dan selalu diberikan tantangan memajukan yang lain. Orang yang hebat itu adalah orang yang berhasil mewujudkan kemandirian dan melahirkan kader,"pungkas Irwan Suwandi.(014)