Penyemblihan Hewan Qurban Diperankan Warga Sekitar Madrasah

IMPIANNEWS.COM 
Payakumbuh, --- Pelaksanaan penyemblihan 3 ekor sapi qurban keluarga besar MTsN 2 Payakumbuh yang dikepalai Yenni Fitri bersama Kaur TU Murda Ayudi, Senin (03/08/2020) pagi dilangsungkan di halaman depan madrasah yang terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan, Talawi kelurahan Ompang Tanah Sirah Kec. Payakumbuh Utara - Kota Payakumbuh. 

Dalam sambutan singkatnya jelang prosesi penyembelihan hewan qurban, Yenni Fitri tiada bosan memotivasi jajarannya untuk selalu meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Salah satu implementasi syukur tersebut adalah ikut berqurban setiap tahunnya. 

"Program qurban sudah kita galakkan sejak tahun 2015, lalu. Untuk memudahkan pegawai, kita siapkan tabungan qurban dengan sistem potong gaji dan dimasukkan ke tabungan pegawai yang bersangkutan. Sistemnya ada 2, yaitu berqurban di madrasah dan berqurban di tempat domisili pegawai. Alhamdulillah, tahun ini di MTsN 2 Payakumbuh kita laksanakan penyembelihan 3 ekor sapi. Insyaallah setiap tahunnya 
Kita selalu dibantu warga Talawi,"terang Yenni Fitri. 

"Biasanya, pendistribusian daging qurban di madrasah kita serahkan kepada setiap siswa. Namun, Dimasa pandemi covid19, peserta didik tidak di madrasah. pendistribusian Kita serahkan kepada peserta dan warga,"ulasnya. 

Terlihat sekitar seratusan masyarakat Talawi yang berdomisili di seputaran kampus antusias melaksanakan prosesi penyembelihan. Bertindak selaku tukang jagal (semblih), H. Yoserizal (mantan tukang jagal Rumah Potong Hewan Kota Payakumbuh).

Adalah Mirza  Ketua RT V /RW III selaku pengkoordinir warga didampingi Septian Suryadi Ketua RT III dan Wandi Usman Ketua RT IV, menyampaikan apresiasi kepada pihak madrasah yang selalu melibatkan warga dalam segala hal terkait perkembangan madrasah. 

"Inilah salah satu implementasi Tri Pusat Pendidikan. Bukan saja di segi Pendidikan. Tapi dalam hal sosial kemasyarakatan, warga harus dilibatkan. Madrasah tampa masyarakat itu hal mustahil. Terkait kondisi hari ini, Kita sebagai warga sekitar ikut andil. Semangat berqurban keluarga madrasah tetap terjaga di tengah pandemi corona. Ini sangat Kita apresiasi. Semoga keakraban madrasah dan masyarakat selalu terjaga dan kapan perlu ditingkatkan,"sebut Mirza. 

"Insyaallah, kita bakal bantu hingga selesai pendistribusian, semoga membawa berkah,"pungkas Mirza.

Prosesi penyemblihan hewan qurban di MTsN 2 Payakumbuh diakhiri dengan makan bersama dan doa. Jeddah dan makan siang sebelumnya, telah disiapkan kaum ibu dan dharma wanita MTsN 2 Payakumbuh.(014)