Pemerintah China Curhat ke Indonesia, Sebut AS Perusak Hubungan Internasional

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi.

IMPIANNEWS.COM (China).

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi curhat kepada Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi soal gerakkan Amerika Serikat (AS) ke sejumlah negara terkait Laut China Selatan. Menurutnya, negara-negara seharusnya tidak dipaksa untuk memihak persaingan antara Cina dan AS.

Wang Yi menuduh AS sebagai "faktor perusak terbesar dalam hubungan internasional", dan mengatakan kepada Retno Marsudi bahwa kedua negara (China dan Indonesia) harus bekerja sama untuk pulih setelah pandemi Covid-19.

Pertemuan video mereka, yang diadakan pada hari Kamis (30/7/2020), terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di Laut Cina Selatan dan mengikuti deklarasi Washington bahwa klaim Beijing atas perairan yang secara strategis penting adalah "melanggar hukum".

Wang menuduh AS menggerakkan oposisi ideologis dan memaksa negara-negara untuk memihak, yang katanya "bukan fenomena normal dalam hubungan internasional atau bagaimana seharusnya dalam interaksi antar negara".

"Sebagai satu-satunya negara adidaya di dunia, AS telah, tidak hanya mengabaikan tanggung jawab dan kewajiban internasional yang harus diambilnya, tetapi juga menjatuhkan sanksi sepihak terhadap negara-negara lain tanpa dasar hukum internasional," kata Wang kepada Marsudi, menurut kementerian luar negeri China seperti dilansir South China Morning Post, Jumat (31/7/2020).

"Itu telah menjadi faktor perusak terbesar dalam hubungan internasional saat ini."

Beijing telah berusaha untuk meningkatkan hubungannya dengan negara-negara tetangganya di Asia Tenggara sebagai bagian dari upaya untuk mencegah terbentuknya koalisi yang bermusuhan di depan pintunya.

Beijing mengklaim sebagian besar Laut Cina Selatan di bawah "garis sembilan garis" yang kontroversial, dan empat anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara - Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Brunei - memiliki klaim yang tumpang tindih dengan China.

Meskipun Indonesia bukan penuntut dalam sengketa Laut Cina Selatan, Jakarta sering berselisih dengan Beijing mengenai hak menangkap ikan di sekitar Kepulauan Natuna, yang menahan para nelayan China.

Pada hari Rabu (29/7/2020), Malaysia mengatakan kepada Antonio Guterres, sekretaris jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, bahwa mereka menolak “klaim China atas hak bersejarah, atau hak kedaulatan atau yurisdiksi lainnya, sehubungan dengan area maritim di Laut Cina Selatan yang dicakup oleh bagian terkait dari 'nine dash line' (sembilan garis putus-putus).

Pada hari Kamis (30/7/2020), Wang mengatakan kepada Marsudi bahwa China dan ASEAN harus terus mendorong untuk kesimpulan cepat untuk diskusi tentang kode etik untuk Laut Cina Selatan sambil "menjaga komunikasi yang erat dan mengelola perselisihan dengan benar ... untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas jangka panjang di daerah ”.

Dia juga menyerukan kerja sama ekonomi yang lebih dekat dan mengatakan pekerjaan pada jalur kereta api berkecepatan tinggi antara Jakarta dan Bandung, yang ditunda sejak dimulainya pandemi Covid-19, harus dilanjutkan.

Marsudi kemudian tweeted bahwa dia memiliki "diskusi terbuka" dengan Wang tentang kerja sama Covid-19, pengaturan perjalanan, masalah regional dan perlakuan terhadap awak perikanan Indonesia. 

Sejumlah pelaut Indonesia tewas di kapal-kapal Cina tahun ini, termasuk seorang bocah berumur 20 tahun yang mayatnya ditemukan di atas kapal yang disita oleh pihak berwenang Indonesia awal bulan ini.

Kedua negara juga bekerja sama untuk mengembangkan vaksin Covid-19. Pemerintah Indonesia sebelumnya telah mengumumkan bahwa perusahaan farmasi milik negara Bio Farma telah bekerja sama dengan perusahaan China Sinovac.

Menurut media lokal, sebanyak 1.620 sukarelawan di Indonesia telah maju untuk berpartisipasi dalam uji coba vaksin tahap tiga yang akan dilakukan oleh Bio Farma dan Universitas Padjadjaran di Jawa Barat. 

Jika uji coba berhasil, produksi akan dimulai pada kuartal pertama tahun depan. ***