Diskusi Kemanusian, Pemko Payakumbuh Bakal Bedah Rumah Hilda

IMPIANNEWS.COM 
Payakumbuh, --- Ditengah diskusi hangat tokoh masyarakat di RW 4 dan 5  kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Jumat (07/08/2020) ikut dihadiri Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz. Kehadirannya tidak disangka-sangka dan mendadak saja. Erwin Yunaz datang dengan senyuman khas sembari menyapa tokoh masyarakat yang pada umumnya sudah saling kenal satu dengan lainnya.

Tidak basa basi, Erwin Yunaz duduk dibangku plastik tepat sebelah Ketua LPM Moris. Keduanya tampak akrab sambil saling menyapa satu dan lainnya. Dibangku lainnya tampak ketua RT dan RW dan beberapa  tokoh masyarakat termasuk H. Naldi Yonaldi. Posisi duduk pun melingkar sehingga dapat berpandangan satu dan lainnya. 

"Sebenarnya tidak sengaja, Beliau singgah duduk bersama kami. Ternyata beliau baru pulang dari rumah orang tua di Nunang dalam rangka menunaikan kewajiban seorang anak kepada orang tuanya. Rumah beliau pun tidak jauh jauh benar dari kantor lurah Nunang Daya Bangun. Kalau pulang kerja sesekali kami pun kerap melihat beliau diteras bersama orang tua  yang beliau cintai. Kehangatan dan rasa cinta kasih seorang anak kepada orang tua ini patut juga untuk kita teladani,"sebut Moris. 

"Keteladanan ini juga pernah satu kali waktu kami lihat secara langsung ketika ada satu moment kami dipanggil beliau pada saat awal awal kepindahan kantor baru Kelurahan Nunang Daya Bangun. Sekitar bulan Januari waktu itu tapi persis tanggalnya saya juga lupa. Usai pembicaraan kami pamit dan beliau pun juga ada keperluan keluar. Saya juga tidak tahu kemana beliau pergi. Tapi point yang ingin kami sampaikan disini adalah bagaimana kesantunan beliau kepada orang tua saat hendak pergi meninggalkan rumah. Dengan lembut beliau dekap peluk dan cium termasuk mencium kedua tangan orang tua beliau. Begitu indah ikatan jalinan kasih sayang antara mereka berdua,'ulasnya. 

"Itulah Bapak Erwin Yunaz yang kami kenal. Bagi kami kalau beliau duduk dan berkumpul dengan warga pun tidak formil-formil. Seperti kemarin ini warga pun santai-santai saja membuka komunikasi dengan bapak ini. Begitu pun beliau kepada warga. Sepintas kalau dilihat tidak tampak seorang wakil walikota duduk bersama kami malam tadi. Obrolan pun seperti obrolan Lapau biasa. Entah kemana mana obrolan itu pergi. Kembang kembang pipi kami yang hadir disana tadi malam akibat tawa yang sambung menyambung,"tambah H. Yonaldi. 

Di beberapa sesi obrolan beliau tetap selalu bertanya kepada kami apa kegiatan yang sedang berjalan di kelurahan. Tidak terkecuali malam kemarin ini kenapa kami kumpul berkumpul di Lapau Afrizone. Ya g berkumpul pun perangkat RT dan RW dan tokoh NDB. Tentu ini menarik perhatian beliau untuk bertanya kepada kami ada apa gerangan.

"Kepada beliau kami pun menyampaikan bahwa berkumpul kumpul tersebut adalah dalam rangka membicarakan proses kegiatan bedah rumah yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini untuk warga yang bernama Hilda penderita penyakit hilertiroid stadium 2 yang tempo hari dilakukan penggalangan dana untuk membiayai kehidupan beliau dan memperbaiki rumah yang sangat memprihatinkan ini,"terang lurah Nunang Daya Bangun, Ari Ashadi. 

Disampakan persoalan ini, beliau tampak antusias dan menunjukkan sikap empati untuk Hilda. Insha Allah kalau tidak ada halangan dan tidak berbenturan denga jadwal-jadwal kedinasan beliau pun akan ikut hadir nantinya dalam pelaksanaan rehab rumah Hilda ini. Tentunya disamping sebagai seorang pemimpin yang peduli dengan warga nya, ikatan emosional sebagai warga Nunang Daya Bangun tentu tidak bisa kita ragukan lagi hal ini atas beliau.

Singkat cerita obrolan lapau kopi Afrizone ini berlangsung cukup lama juga. Jam 24.00 wib yang memisahkan kami untuk bubar kembali ke rumah masing-masing. Obrolan malam itu bagi kami sungguh punya arti dan makna tersendiri. Kalau boleh kami menyebutnya obrolan kemanusiaan. Sebab terselip misi kemanusiaan disana dimana tertumpang sebuah harapan  Hilda kepada kami dan tokoh masyarakat untuk kehidupan  yang lebih baik lagi khususnya dalam mewujudkan rumah hunian yang layak bersama anak beliau.

"Terakhir kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Wawa Erwin Yunaz yang sudi berkenan mampir menemani obrolan kami dan tokoh masyarakat. Mudah-mudahan kebersamaan ini terus terjaga dan terjalin dengan baik antara warga dan pemimpinnya,"simpulnya .(rel/014)