Dubes AS di Irak Diantam Toket


Dubes AS di Irak Diantam Roket



Ilustrasi.

IMPIANNEES.COM.(Jakarta).

Sebuah roket Katyusha mendarat di Zona Hijau yang dijaga ketat di Baghdad (Irak) di mana didalamnya terdapat kedutaan besar Amerika Serikat (AS).

Roket tersebut menghantam gedung kosong dan tidak korban jiwa. Sirene meledak dari kedutaan AS di dalam zona itu, yang menampung gedung-gedung pemerintah dan misi asing, mengutip keterangan kepolisian setempat.

Ini merupakan serangan kedua pekan ini setelah tiga roket mendarat di Zona Hijau pada Kamis (27/8/2020). Serangan ini juga tidak menimbulkan korban, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (30/8/2020).

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini, namun bisanya AS menyalahkan serangan semacam itu pada kelompok milisi yang didukung Iran.

Iran belum secara langsung mengomentari insiden tersebut tetapi kelompok-kelompok yang kurang dikenal yang diyakini terkait dengan milisi yang bersekutu dengan Iran telah mengklaim beberapa serangan.

Irak, yang sering menjadi tempat pertarungan dari ketegangan AS-Iran, berusaha untuk menghindari konflik regional apa pun.

Timur Tengah hampir mengalami konflik penuh pada Januari setelah serangan pesawat tak berawak AS menewaskan Jenderal Iran Qassem Soleimani dan kepala paramiliter Irak Abu Mahdi al-Muhandis di bandara Baghdad.

Milisi yang berpihak pada Iran telah bersumpah untuk membalas kematian mereka. ***