AS Balas Aksi China di Laut China Selatan, Setelah Beijing Tembakan Rudal



Hanya sehari setelah militer China melakukan uji coba rudal di Laut China Selatan, kapal perusak berpeluru kendali Angkatan Laut Amerika Serikat melakukan operasi kebebasan navigasi (FONOP) melewati Kepulauan Paracel yang disengketakan, yang diklaim oleh China serta Vietnam dan Taiwan.

USS Mustin (DDG-89) beroperasi melewati pulau-pulau tersebut, Armada Ketujuh AS mengumumkan pada Kamis (27/8).

“Kebebasan navigasi ini menjunjung tinggi hak, kebebasan, dan penggunaan yang sah atas laut yang diakui dalam hukum internasional, dengan menantang pembatasan tidak sah atas hak lintas damai yang diberlakukan oleh China, Taiwan, dan Vietnam, dan juga dengan menantang klaim China atas garis pangkal lurus yang melingkupi Kepulauan Paracel,”

 Komandan Reann Mommsen mengatakan kepada USNI News.
China memiliki beberapa instalasi di rantai pulau yang berada di sebelah timur pantai Vietnam, dan Beijing mengklaim zona di sekitar rantai tersebut dan mengharuskan kapal perang asing meminta izin untuk memasuki daerah tersebut.

“Ketiga penggugat membutuhkan izin atau pemberitahuan sebelumnya sebelum kapal militer atau kapal perang terlibat dalam ‘jalur lintas damai’ melalui laut teritorial,” bunyi pernyataan dari Angkatan Laut AS.

“Pemberlakuan sepihak setiap otorisasi atau persyaratan pemberitahuan awal untuk lintas damai tidak diizinkan oleh hukum internasional. Dengan terlibat dalam lintas damai tanpa memberikan pemberitahuan sebelumnya atau meminta izin dari salah satu penggugat, Amerika Serikat menantang pembatasan yang melanggar hukum yang diberlakukan oleh China, Taiwan, dan Vietnam,” dikutip dari The National Interest.


Operasi laut yang dipimpin oleh Amerika Serikat di Laut China Selatan pada bulan November 2018. (Foto: US Navy via Asia Times)

Melampaui Perairan yang Disengketakan

Pengerahan USS Mustin Angkatan Laut AS ke daerah itu juga menyusul peluncuran rudal China dengan senjata jatuh di dekat pulau-pulau yang disengketakan. Berbagai sumber melaporkan bahwa rudal yang diluncurkan oleh China pada Rabu (26/8) termasuk DF-21D dan DF-26B, senjata yang diyakini menjadi pusat strategi pencegahan Beijing di wilayah tersebut.

“Latihan semacam itu juga melanggar komitmen RRC di bawah Deklarasi 2002 tentang Perilaku Para Pihak di Laut China Selatan, untuk menghindari kegiatan yang akan memperumit atau meningkatkan perselisihan dan mempengaruhi perdamaian dan stabilitas,” ujar pernyataan Pentagon setelah peluncuran tersebut.

Uji coba China dilakukan setelah penempatan pesawat pengintai U-2 melayang di atas apa yang disebut.

“zona larangan terbang” di Laut Bohai, perpanjangan laut dan paling dalam dari Laut Kuning. China telah menyatakan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) telah menyatakan wilayah itu sebagai zona larangan terbang karena militer China melakukan latihan militer tembakan langsung di daerah tersebut, lapor The National Interest.

Beijing menyebut penerbangan itu “provokasi terang-terangan”, setelah pesawat mata-mata itu memasuki wilayah udara saat Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) sedang melakukan latihan.

“Pelanggaran itu sangat mempengaruhi latihan normal dan kegiatan pelatihan China, dan melanggar aturan perilaku untuk keselamatan udara dan maritim antara China dan Amerika Serikat, serta praktik internasional yang relevan,” jelas Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan China, dalam sebuah pernyataan. 

“Tindakan AS dapat dengan mudah mengakibatkan kesalahan penilaian dan bahkan kecelakaan.”

Sayangnya, kecelakaan seperti itu terjadi dengan akibat yang tragis.

Sembilan belas tahun yang lalu pada April 2001, ketika pesawat mata-mata Angkatan Laut AS EP-3 bertabrakan dengan jet tempur J-10 China, itu mengakibatkan kematian seorang pilot Angkatan Udara Pembebasan Rakyat China (PLAAF), dan pesawat Amerika itu terpaksa melakukan pendaratan darurat di Pulau Hainan. 

Dua puluh empat awak pesawat AS ditahan selama sebelas hari sampai Washington dipaksa untuk meminta maaf atas insiden tersebut.

Pada awal bulan ini, USS Mustin juga telah transit di Selat Taiwan dalam apa yang Angkatan Laut sebut sebagai aktivitas “rutin” dan “sesuai dengan hukum internasional”. Transit kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke dilakukan setelah kapal tersebut melakukan latihan bersama dengan kapal perang Jepang di Laut China Timur.

Itu adalah transit ke-10 di Selat Taiwan tahun ini, dan kemungkinan besar bukan yang terakhir, The National Interest mencatat. ***