Meski Diliburkan, Pembinaan Atlet PPLP Sumbar Tetap Jalan


IMPIANNEWS.COM (Padang).

Akibat adanya wabah covid-19 (virus corona), Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) telah mengambil kebijakan meliburkan aktifitas belajar-mengajar siswa SD-SMA sederajat sejak Maret 2020 lalu sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Begitu juga dengan para atlet PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar) yang dikelola Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumbar di kawasan Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Meski diliburkan, namun kegiatan latihan rutin atlet PPLP Sumbar tersebut tetap berjalan seperti biasa di rumahnya masing-masing di bawah pengawasan pelatih yang telah ditunjuk Dispora Sumbar.

"Ya, meski para atlet tersebut kita pulangkan ke daerahnya masing-masing namun program pembinaan dan latihan tetap berjalan seperti biasa, minimal 2 kali dalam sehari," ungkap Kepala UPTD Kebakatan Olagraga Dispora Sumbar, Rafli Effendi ketika berbincang-bincang dengan impiannews.baru di kantornya, Kamis (9/7/2020).

Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan akademik siswa, pihaknya tetap mengikuti petunjuk yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diteruskan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

Sementara untuk teknis pelaksanaan latihan selama pandemi covid-19, pihak Dispora Sumbar juga mengikuti saran dan petunjuk yang diberikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

"Sesuai regulasi yang ada, kita tetap membayarkan hak-hak atlet tersebut setiap bulan dengan catatan mereka juģa memenuhi kewajibannya menjalankan program latihan yang diberikan pelatih secara virtual (melalui komunikasi video call)," paparnya menjelaskan.

Kemudian, lanjutnya, setiap atlet PPLP wajib mengirimkan video latihannya melalui WA pelatih guna memantau kebugaran atlet dan perkembangan program latihan yang diberikan.

"Seorang atlet binaan pasti sudah tahu apa yang harus mereka lakukan demi menjaga kebugaran fisiknya serta meningkatkan skill yang dimiliki," ulas mantan Kabid Olahraga Dispora Sumbar tersebut meyakinkan.

Terkait kegiatan pertandingan ujicoba atlet dan iven-iven kejuaraan lainnya antar PPLP dalam tahun 2020 ini, kata Effendi lagi, pihak Kemenpora telah memutuskan untuk menunda sampai batas waktu yang belum ditetapkan.

Ditambahkannya, saat ini jumlah atlet yang dibina di PPLP Sumbar sebanyak 154 orang dari 12 cabang olahraga. Yakni, atletik, sepakbola, sepaktakraw, gulat, pencaksilat, senam, taekwondo, tinju, panahan, karate, judo dan balap sepeda. (noa)

Post a Comment

0 Comments