Ikatan Perantau Harau Bantu Pembangunan Masjid Batu Balang

IMPIANNEWS.COM
KABUPATEN 50 KOTA, --- Peran Perantau bagi masyarakat Minangkabau sangat penting dalam membangun kehidupan masyarakat nagari.Kebanggaan "Sato sakaki" dalam hati masyarakat Minangkabau akan terpatri dengan baik di manapun daerah rantau mereka jalani, mereka akan selalu dengan bangga membangun kampung halaman.

Begitulah yang dilakukan Ikatan Perantau Kecamatan Harau (IPKH),  Kabupaten Limapuluh Kota yang berdomisili di Jakarta. Perantau tersebut,  ikut memberikan apresiasi terhadap pembangunan Masjid Al Hidayah di Jorong Koto Kociak Nagari Batu Bolang Kecamatan Harau. Bantuan berupa wakaf semen dan dana. Bantuan tersebut diterima Kepala Jorong Koto Kociak,  Z.Dt.Simulie Nan Panjang pada  Selasa (7/7) siang.

Pengurus IPKH Jakarta Novi dan Siska Akmal  mengatakan, warga Kecamatan Harau di Jakarta selalu peduli dengan nagarinya dan selalu ada program untuk membantu pembangunan yang dibutuhkan anak nagari di kampung halaman.

“Kami tidak hanya membantu pembangunan Masjid dan Surau di Kecamatan Harau tetapi juga pembangunan pendidikan untuk anak, orang yang kurang mampu dan kegiatan pemuda,” ucap Siska Akmal pengurus IPKH Jakarta yang datang langsung ke lokasi pembangunan masjid di Batu Balang

Bahkan, katanya,  untuk pengembangan ekonomi kerakyatan IPKH juga ikut hadir untuk membantu masyarakat.  Wali Nagari Batu Balang Dasril Syofiadi menjelaskan bantuan dana dan bahan material dari IPKH Jakarta sangat berarti untuk menyelesaikan pembangun masjid yang sumber dananya hanya mengandalkan Infak dan Wakaf kaum muslimin baik di kampung maupun yang di rantau.

“Pemerintah Nagari mengucapkan terima kasih atas bantuan dari perantau IPKH yang selalu peduli dengan nagarinya di Kecamatan Harau. Sedangkan, Ketua Pembangunan Masjid Hendra menjelaskan, tahapan pembangunan yang akan segera di selesaikan adalah pemasangan kerangka untuk atap dan kubah Masjid. Diperkirakannya akan membutuhkan dana Rp 150 Juta lagi untuk menyelesaikan pembangunan masjid di kampung halamannya itu. 

“Kita sangat berharap terus, bantuan dari ummat muslim untuk segera menyelesaikan pembangunan Masjid Alhidayah. Baik, dari anak nagari yang di kampung maupun yang dirantau serta dermawan lainya yang ikhlas membantu segera terjuwudnya masjid ke 6 di Nagari Batu Balang,” ujar Hendra. (rel/014)

Posting Komentar

0 Komentar