Kesigapan TRC dan Warga, Longsor di Nagari Tungkar Sudah Bisa Dilewati.

IMPIANNEWS.COM
Limapuluh Kota, --- Puluhan petugas gabungan bajibaku membersihkan badan jalan di Jorong Sialang Nagari Tungkar Kecamatan Situjuah Limo Nagori Kabupaten Limapuluh Kota usai bada jalan yang merupakan akses warga ditutup endapan tanah kuning bercampur lumpur dan licin.

Informasi dari Kepala Pelaksana BPBD Limapuluh Kota, H. Joni Amir melalui Manager Pusdapops-PB, Rahmadinol, S. Pd pada Jumat (16/08/2019) sore menerangkan bahwa endapan tanah kuning akibat longsor telah dievakuasi, sehingga akses jalan yang semula terhambat sudah bisa dilalui warga kembali.

"Tingginya intensitas hujan mengakibatkan longsor tebing di jorong Sialang Nagari Tungkar Kecamatan Situjuah Limo Nagari.  Akibat tingginya intensitas curah hujan sejak pukul 16.00 wib Kamis (15/8/2019) kemaren, di seputaran Kabupaten Lima Puluh Kota, mengakibatkan longsor tebing jalan sekira pukul 5.00 wib Jumat (16/8/2019) dan menimbun badan jalan sepanjang 5 m dengan ketebalan 1 hingga 3 meter,"terangnya.

Dikatakan Rahmadinol, berkat kebersamaan dan dibantu masyarakat pada Jum'at sekira pukul 11.00 WIB, endapan sudah diatasi. Terima kasih atas koordinasi dan kerjasama yang baik, KSB Nagari, Pemerintahan Kecamatan, Dinas PUPR, Dinas Damkar, masyarakat, TNI, Polri dan BPBD dalam penanganan darurat Longsor tebing menimbun badan jalan d jorong Sialang, ini. Satu alat berat diterjunkan dan tidak ada korban jiwa, namun longsor sempat merusak areal sawah warga.

Akhirnya, Rahmadinol menitipkan pesan kepada warga setempat.

"Mempedomani kronologis dan medan di TKP, secara berjenjang kami akan intenskan soaialisasi. Kita juga berharap masyarakat bisa mengubah pola tanam. Yakni dari pohon basah ke pohon kering, karena kondisi tanah labil. Semoga longsor berulang, tidak terjadi lagi. Kejadian ini telah kita laporkan kepada pimpinan dan pihak terkait,"pungkas Rahmadinol.(ul)