Masyarakat Nagari Sangir dan Nagari Sitapus Solok Selatan Rindukan Mahasiswa UIN KKN di Daerahnya.

IMPIANNEWS.COM (Solok Selatan). 

KKN UIN IB di Nagari Lb. Malako Kec. Sangir dan Nagari Sitapus Kec. Sangir Batang Hari Kab. Solok Selatan Sangat dan Dirindukan kehadiran Mahasiswa UIN KKN di Daerahnya.

Rawisna ibu rumah tangga pemilik rumah tempat mahasiswa KKN mengungkapkan, kami sangat senang dengan kehadiran mahasiswa UIN IB yang KKN di kampung kami, bahkan satu bulan sebelum mahasiswa KKN datang warga kami sudah bertanya-tanya kapan mahasiswa KKN akan datang.

Kami sangat berharap dengan kehadiran mahasiswa UIN untuk pembinaan kehidupan beragama dan TPA/MDA di kampung kami, ungkap Ibu yang sangat ramah ini.

Riko Hendrianto mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora selaku ketua kelompok KKN di Nagari Lubuak Malako mengungkapkan sangat senang melaksanakan KKN di nagari ini, kami sangat terkesan dengan keramahan masyarakatnya dan kehadiran kami terasa sangat dibutuhkan oleh masyarakat. 

Kegiatan yang kami laksanakan di antaranya; memberikan bimbingan dan pencerahan dalam kegiatan Yasinan, pengembangan TPA/MDA, pembinaan Dai Cilik, dan kegiatan-kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019. 

Kami juga mendapat bantuan dana dari Pak Wali untuk pelaksanaan KKN sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN) , di samping itu kami juga mendapatkan pinjaman pemakaian sepeda motor sebagai penunjang operasional, imbuh Riko.

Ketika ditanyakan apa yang menjadi kendala dalam pelaksanaan KKN, Riko mengungkapkan kami rasa tidak ada yang menjadi penghambat, karena kehadiran kami diterima dan ditunggu-tunggu masyarakat disini kata Riko dengan puas.

Di samping itu, Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Imam Bonjol Padang- Drs. Masrial, MA menyampaikan agar mahasiswa belajar membuat rencana program, pelaksanaan, dan pelaporan kegiatan yang dilaksanakan. 

Catatkan apa-apa yang menjadi faktor penghalang dan pendukung program  KKN yang digelar kamis, 15/08/2019 Nagari Sitapus Kecamatan Sangir Batang Hari kab. solok selatan
                                            
Ketua Kelompok KKN-PPM Nagari Sitapus Kecamatan Sangir Batang Hari Redho Tara-mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi mengatakan kegiatan yg telah dilakukan membantu pendataan penduduk, pembinaan kegiatan maghrib mengaji, didikan shubuh, pembinaan TPA/MDA kegiatan seni randai, pendampingan Majelis Ta'lim, perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 H. 

Kapus Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Imam Bonjol Padang-Testru Hendra, MA berharap mahasiswa dan Pemerintah Nagari dapat menyampaikan masukan-masukan untuk perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan KKN-PPM ini di masa mendatang. KKN saat ini adalah KKN-PPM dengan pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat, sehingga program KKN saat ini disingkronkan dengan program dan APB Nagari setempat. 

Sehingga tidak ada tabrakan antara program KKN dengan program nagari yang dituju. Mahasiswa diharapkan dapat menjalankan program bersama nagari tanpa harus mengajukan proposal kesana ke mari. Hal ini juga dipertegas oleh Ketua LP2M yang diwakili oleh Sekretaris-Drs. H. Masrial, MA. 

Sehingga pelaksanaan KKN singkron dengan program nagari, program tidak lagi merupakan titik dari atas akan tetapi muncul dari masyarakat itu sendiri. Yang dibutuhkan itu adalah ide, inovasi dan kreatifitas mahasiswa yang diamini oleh Ketua Panitia KKN-PPM - Drs. Saharman, M. Ag.

Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Kantor Wali Nagari Sitapus - Kasman, S. Pd. I mengatakan sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa ber-KKN di nagari kami untuk memberikan bimbingan kepada masyarakat kami dan memberikan motivasi kepada generasi muda untuk lebih maju serta berkemauan kuat untuk menuntut ilmu. 

Intinya banyak kenangan manis yang tak terlupakan oleh kami terhadap mahasiswa UIN Imam Bonjol ini. Harapan kami di tahun 2020 kami tetap mendapat mahasiswa KKN di nagari kami dengan catatan segera ada komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dan Pemerintah Nagari sehingga dapat kami anggarkan untuk kegiatan pembelajaran dan pemberdayaan melalui KKN-PPM ini

Ungkapan hampir senada disampaikan oleh Rudi Erman Yani, SKM Kepala Jorong Bangka Dalam yang hadir dalam kesempatan itu bahwa sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa UIN IB padang. #Ay | Humas UIN IB