Pangkalan Udara Amerika Dihantam 8 Roket 4 Tewas

IMPIANNEWS.COM (Irak).

Sedikitnya empat tentara Irak mengalami luka-luka karena pangkalan militer Irak yang menjadi markas pasukan Amerika Serikat (AS) diserang delapan roket jenis Katyusha.

Beberapa bulan terakhir, pangkalan-pangkalan militer yang menjadi markas pasukan AS di Iran menjadi target serangan roket dan mortir.

Hal ini dilansir sesuai pernyataan militer Irak menyebut pangkalan udara Al-Balad, pada Minggu (12/1) waktu setempat. Serangan roket itu melukai dua tentara dan dua penerbang Irak.

Al-Balad merupakan pangkalan udara utama bagi armada jet tempur F-16 milik Irak, yang dibeli dari AS untuk meningkatkan kemampuan udara negara tersebut.

Pangkalan udara itu menjadi markas sejumlah kecil kontingen Angkatan Udara AS juga para kontraktor militer AS.

Namun sejumlah sumber militer setempat, seperti dilansir AFP, Senin (12/1/20) kepada AFP bahwa para personel AS telah dievakuasi dari pangkalan udara itu menyusul semakin tingginya ketegangan AS dan Iran, dua pekan terakhir.

"Sekitar 90 persen penasihat AS dan para pegawai Sallyport dan Lockheed Martin yang merupakan spesialis pemeliharaan pesawat, telah ditarik ke Taji dan Erbil usai ancaman-ancaman," tutur salah satu sumber militer setempat.

"Tidak ada lebih dari 15 tentara AS dan satu pesawat di al-Balad," imbuh sumber tersebut.

Kebanyakan serangan melukai tentara Irak, tapi juga menewaskan seorang kontraktor AS bulan lalu.**

Post a Comment

0 Comments