Bersinergi, Jajaran Polres Payakumbuh Gelar Bersih Batang Sinamar

IMPIANNEWS.COM
Lima Puluh Kota, --- Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan SIK, MH kerahkan puluhan anggota untuk melaksanakan gotong royong dan bakti lingkungan bersama di Jorong Koto Baru Parumpuang, Minggu (12/1/2020).

Personil Polsek Payakumbuh dan anggota Sabhara Polres Payakumbuh yang dipimpin Kasat Sabhara AKP Aknopilndo dan Kapolsek Payakumbuh AKP Afrinal Lubis bersama masyarakat Koto Baru Simalanggang bersama-sama membersihkan aliran Sungai Batang Sinamar dari reruntuhan bambu yang melintang di sungai tersebut.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi kondisi cuaca dan curah hujan tinggi yang akan turun pada awal tahun 2020 sesuai perkiraan BMKG Pusat”, ujar Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan yang melalui Kapolsek Payakumbuh AKP Afrinal Lubis.

Ia menambahkan, Gotong Royong bersama yang dilakukan oleh anggota Polsek Payakumbuh dan anggota sat Sabhara Polres Payakumbuh dengan seluruh masyarakat kenagarian Koto Baru Simalanggang ini dilakukan karena melihat kondisi Sungai Batang Sinamar banyak yang terban sisi sisinya serta banyaknya pohon pohon yang tumbang akibat terbawa arus yang masuk kedalam sungai sehingga mengakibatkan arus sungai menjadi tidak lancar.

Kegiatan itu dilakukan bertujuan untuk pencegahan banjir dengan cara membersihkan pohon pohon yang ada dalam Sungai serta tumpukan sampah.

Semoga dengan lancarnya kembali aliran sungai manakala hujan lebat datang tidak menyebabkan terjadinya banjir, harap Kapolsek Payakumbuh.

Dalam kesempatan itu juga, walinagari Koto Baru Simalanngang Purwanto menyampiakan ucapan terima kasih kepada Kapolres Payakumbuh dan Polsek Payakumbuh serta semua pihak yang telah membantu warga untuk membersihkan aliran Batang Sinamar dari tumpukan sampah dan batang kayu yang cukup banyak didalam sungai, apabila tidak segera dibersihkan maka apabila tiba-tiba turun hujan deras sudah sudah pasti air sungai akan meluap dan lahan pertanian kami akan terkena banjir.

“Semoga kedepan hal-hal yang baik seperti ini bisa kita lakukan lagi secara bersama sama, imuhnya.

Terpisah, Polres Payakumbuh dalam bebera hari terakhir ini sudah tiga kali melakukan pembersihan aliran sungai, yang paling pertama sekali dilakukan adalah pembersihan Sungai Batang Agam Jembatan Ratapan Ibuh yang dipimpin langsung oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan SIK MH, pembersihan sungai Batang Lampasi yang dipimpin Kapolsek Kota Payakumbuh AKP Julianson dan yang terakhir pembersihan sungai Batang Sinamar di Koto Baru Simalanggang Kabupaten 50 Kota, tutup Paur humas IPDA Aiga.(rel/014)

Post a Comment

0 Comments