Kelurahan Payobasung Wakili Sumbar ke Nasional

IMPIANNEWS.COM
"Gandeng PKK dan OPD Terkait, Camat Payakumbuh Timur Gelar Goro dan Buat 100 Lobang Biopori di Payobasung"

Payakumbuh, --- Menyongsong pelaksanaan lomba Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman  (HATINYA) PKK tingkat nasional yang tengah dijalani oleh Kelurahan Payobasung, jajaran Pemerintah Kecamatan Payakumbuh Timur bersama stakeholder terkait menggelar gotong royong pada Jumat (10/01/2020) pagi. 

Goro terpusat didua titik, yaitu kawasan RT 3/2 Tanjung Harapan dan kawasan RT 1/3 Kaluek.

Dipimpin Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi, para pegawai yang terdiri dari ASN dan Tenaga Harian Lepas (THL) berbaur bersama ratusan masyarakat di Kelurahan Payobasung. Turut bergabung, Wakil Ketua TP PKK Kota, Ny. Machdalena Erwin Yunaz bersama jajaran pengurus TP PKK Kota Payakumbuh, PKK Kecamatan Payakumbuh Timur, perwakilan OPD, LPM dan PKK Kelurahan se Payakumbuh Timur.

"Disamping persiapan lomba, goro hari ini merupakan kegiatan pertama dari program goro keliling kelurahan yang akan kita rutinkan kedepan," ujar Irwan didampingi Lurah Payobasung Ade Vianora saat ditemui dilokasi kegiatan. 

Dikatakan, ada sejumlah sasaran yang ingin dicapai dengan pelaksanaan goro tersebut. Salah satunya pembuatan lobang biopori dihalaman rumah warga.

"Pada goro kali ini kita juga bekerjasama dengan dinas lingkungan hidup untuk membuat lobang biopori sebanyak 100 titik. Disamping untuk serapan air, biopori juga bisa menjadi sarana pengomposan dari sisa limbah dapur atau rumah tangga yang bisa dimanfaatkan warga," terang Irwan.

Sementara Wakil Ketua TP PKK Kota Payakumbuh mengapresiasi pelaksanana goro tersebut. Dirinya sengaja turun untuk memberi motivasi kepada warga Payobasung agar terus menggalakkan program HATINYA PKK.

"Terus berdayakan halaman pekarangan kita, bisa ditanami apotik hidup, lumbung hidup, dapur hidup atau produk perikanan dan peternakan seperti ikan, itik, ayam dan hewan peliharaan lain yang bisa memberi nilai tambah untuk peningkatan kesejahteraan keluarga," ujar Machdalena. 

Kelurahan Payobasung sendiri berhak mewakili Provinsi Sumatera Barat untuk lomba HATINYA PKK tingkat nasional setelah berhasil menjadi pemuncak dalam lomba serupa ditingkat provinsi. 

"Tanggal 15 Januari ini limit kita mengirimkan bahan atau laporan ke panitia lomba dipusat. Jika berhasil masuk nominasi 5 besar nasional, Insyaallah Maret akan dilakukan peninjauan lapangan, mohon doanya ya, kita bisa menjadi yang terbaik," pungkas Machdalena. (rel/014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.