Lepas 10 Ribu Bibit Nila, KT Sopan Santun Kembangkan UEP

IMPIANNEWS.COM
PAYAKUMBUH, --- Lurah Balai Jariang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Ronal melepas 10 ribu bibit Ikan Nila dikolom Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Karang Taruna Sopan Santun, Balai Jariang. Bibit Ikan Nila bantuan Pemerintah Kota Payakumbuh itu, diprediksi bakal bisa dipanen setelah Tiga Bulan kemudian.

"Memang kita melepas bibit Ikan Nila di kolom Produktif yang dikelola oleh Karang Taruna Sopan Santun Balai Jariang sebanyak 10 ribu ekor jenis Nila," harap Lurah Balai Jariang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Ronal, S.Sos, didampingi Ketua Karang Taruna Sopan Santun, Alidioveri Beserta sejumlah pengurus Karang Taruna lainnya disela-sela pelepasan bibit Ikan Nila, Rabu (27/11) sore. 

Selain usaha pembesaran Ikan dengan media kolom Ikan, disampaikan Lurah Balai Jariang, ada beberapa usaha produktif lainnya yang dijalankan dan akan dilakukan Karang Taruna Sopan Santun, Balai Jariang. Diantaranya usaha pembuatan Karangan bunga, dan yang sedang diusahakan adalah Depot air minum isi ulang. 

"Memang Ada beberapa usaha Ekonomi produktif yang sedang dilakukan dan yang akan dilakukan Karang Taruna Sopan Santun. Jadi kedepan kita juga akan menggandeng Karang Truna Sopan Santun untuk pengelolaan sampah plastik supaya bernilai Ekonomi," sebut Lurah. 

Ketua Karang Taruna Sopan Santun, Balai Jariang, Alidioferi kepada wartawan mengaku bangga dan bersyukur atas bantuan bibit Ikan Nila sebanyak 10 ribu dari Pemerintah Kota Payakumbuh. Dia berharap, kedepan Pemerintah Kota terus mendampingi, Membina dan memberikan bantuan bibit Ikan dikolom-kolom lainnya yang sedang dipersiapkan. 

"Melihat aktifnya program Karang Taruna, kini banyak masyarakat kita yang meminjampakaikan kolom Ikan yang tidak diproduktifkan lagi untuk dikelola oleh Karang Taruna Sopan Santun, sekitar 10 kolom lagi. Ini sedang kita perbaiki dan kita tentu sulit untuk mengisinya nanti, maka kita berharap bantuan bibit Ikan dari Perintah Kota," sebut Alidioferi, disela-sela pelepasan bibit Ikan. 

Disamping itu, melalui kolom-kolom Ikan ini nantinya, Karang Taruna Sopan Santun bisa terus melakukan bakti Sosial kepada masyarakat. Meski saat ini secara rutin sekali Lima bulan Karang Taruna Sopan Santun melakukan bakti Sosial bagi-bagi paket sembako kepada Lansia, anak Yatim dan kelurga kurang mampu.

"Kita yakin melalui kolom-kolom Ikan ini nanti bisa menghasilkan. Nah, hasilnya akan kita berikan untuk kegiatan bakti Sosial kepada masyarakat. Kalau sekarang kita rutin sekali Lima bulan menggelar bakti Sosial bagi-bagi paket sembako kepada kelurga kurang mampu, anak yatim dan lansia. Kedepan akan kita tingkatkan jika usaha Ekonomi produktif kita ini berjalan baik," tuturnya.

Tidak hanya melalui kolom Ikan, usaha Ekonomi produktif Karang Taruna Sopan Santun, juga merambah keperkebunan, Depot Air Minum, dan Usaha Karangan Bunga. "Kami akan kembangkan terus berbagai usaha Ekonomi produktif. Cita-cita kami, nanti bisa lahir Rumah Tahfiz Gratis disini untuk tempat anak-anak nagari kami menghafal Qur'an. Dan kita sediakan tempatnya, gurunya kita gaji melalui usaha Ekonomi produktif ini, harapan kita akan lahir Hafiz dan hafizah berkelas nasional dan international dari sini suatu hari," harapnya yakin. (rel/014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.