3 Mahasiswa STIT Akhiri Masa PL di MTsN 2 Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM.

Payakumbuh, --- Tak terasa tiga bulan sudah masa Praktek Lapangan (PL) mengajar dijalani 3 orang Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Payakumbuh. Setelah sebelumnya Ketua STIT Payakumbuh, Wagiman melalui Dosen Pembimbing PL, Fitri Elia mengantarkan secara kedinasan Wulandari, Azizah dan Fifika Ulfa untuk PL di madrasah yang terletak di Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah. 

Kedatangan ketiga mahasiswa PL tersebut disambut harap Kepala MTsN 2 Payakumbuh Yenni Fitri. 

Mengapa Yenni Fitri begitu mengharapkan mereka ?, kedatangan mereka yang nota bene berbasik tarbiyah islamiyah bertepatan dengan kurangnya tendik PAI di MTsN 2 Payakumbuh, kala itu. Sehingga mereka bisa cepat berbaur dengan majlis guru, termasuk dengan peserta didik. Kala itu, Yenni Fitri memotivasi dan menanamkan semangat mengajar kepada mereka dikala mengajar siswa yang menapati masa Pubertas.

Selain diajarkan praktek mengajar kepada mereka, mereka juga dibekali dan diajarkan tata administrasi dan tata persuratan di jajaran Kementerian Agama. Bukan hanya itu, mereka juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan kesiswaan. Bahkan mereka juga sangat aktif membuat iven dan lomba yang pembiayaannya secara patungan dan dibantu pihak madrasah.

Namun, pada hari ini Selasa (15/10/2019) tibalah masanya mereka kembali ke kampus untuk melakukan akademika sebagai mahasiswa. Karena mereka akan dihadapkan dengan pembuatan laporan PL, dilanjutkan dengan penelitian, KKN dan penyusunan tugas akhir.

Diakhir masa PL, ketiga mahasiswa dijemput kembali secara kedinasan oleh Dosen Pembimbing, Fitri Elia. Kedatangan Fitri Elia disambut penuh kekeluargaan Kepala MTsN 2 Payakumbuh Yenni Fitri di ruang kerjanya bersama pamong PL.

"Yth Kepala MTsN 2 Payakumbuh dan jajaran. Kini tiba masanya kami dari stit Payakumbuh menjemput mahasiswa kami yang PL di madrasah yang ibu pimpin. Selama pl, mungkin ada tingkah mereka yang kurang berkenan. Untuk itu kami mohon maaf. Selanjutnya, terima kasih atas kerjasama dan koordinasinya. Bapak Ibu telah membina mahasiswa kami. Semoga ilmu yang diberikan bisa terpatri di qalbu mereka, khususnya ilmu sebagai seorang calon pendidik. Terima kasih Bu,"ucap Fitri Elia.

Gayung bersambut, Yenni Fitri yang kala itu didampingi Guru Mapel PAI sekaligus pamong mahasiswa PL juga menyampaikan hal senada.

"Kami berharap mereka kelak bisa tampil sebagai guru. Minimal bagi diri mereka sendiri,"balas Yenni Fitri setelah sebelumnya diawali dengan perbincangan ringan.

Prosesi melepas kembali 3 mahasiswa PL dari STIT Payakumbuh ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan sebagai bukti kerjasama dari pihak STIT Payakumbuh. Kado istimewa tersebut diserahkan dosen pembimbing PL Fitri Elia kepada Kepala MTsN 2 Payakumbuh, Yenni Fitri.(ul)

Post a Comment

0 Comments