Tim Kemenpan RB Lihat Pelaksanaan Zona Integritas Di KanKemenag Kota Bukittinggi

IMPIANNEWS.COM (Bukittinggi). 

Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi menerima kunjungan Tim Evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia. Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan penilaian Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih melayani (WBK dan WBBM) Di Kantor Kemenag Kota Bukittinggi.

Tim yang berjumlah dua Orang tersebut, disambut oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatera Barat melalui Kepala Bagian Tata Usaha, H. Irwan, Tim Irjen Kemenag RI, Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda, Kasubbag TU H. Zulfikar, seluruh Kasi, Pengawas, penyelenggara, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Pokjahulu, Pokjaluh dan seluruh ASN dilingkungan Kantor Kemenag Kota Bukittinggi, Senin (14/10).

Tim Evaluator Kemenpan RB, Aan Syaiful Anbiya dan Akbar serta seluruh tamu undangan disuguhi pencak silat dan tari galombang sebagai sambutan pembuka acara kunjungan tersebut.

H. Abrar Munanda Kepala Ka. Kankemenag Kota Bukittinggi pada kesempatan tersebut mengemukakan beberapa prestasi Kantor Kemenag Kota Bukittinggi baik ditingkat nasional maupun wilayah.

 "Kemenag Bukittinggi merupakan satker pertama yang melaksanakan PTSP di Sumatera Barat dan yang ke-3 di Indonesia. Merupakan PTSP terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat, pelaksana terbaik ZI-RB dan pengelola keuangan terbaik di Kota Bukittinggi," tuturnya.

Ka. Kankemenag ini juga menyampaikan perjalanan dan perkembangan PTSP sejak awal pelaksanaannya hingga hari ini yang terus dikembangkan menuju kesempurnaan melalui aplikasi Sistem Manjamen Pelayan Unggul (Simpul). 

"Dengan adanya PTSP, memangkas waktu pengurusan dan mempermudah proses layanan. Sehingga meminimalisir bahkan meniadakan kesempatan untuk berbuat KKN di lingkungan Kantor Kemenag Kota Bukittingggi. 

Melalui apel yang dilaksanakan setiap pagi, kita selalu meneriakkan kata Integritas yang akan menjadi penjaga moral seluruh ASN Kantor Kemenag Kota Bukittinggi dalam melaksanakan tugas dengan semangat kebersamaan, kolektivitas dan komitmen,” ujarnya.

Pada kesempatan itu H. Abrar Munanda menyampaikan berbagai terobosan untuk meningkatkan pelayanan terbaik mulai dari lingkungan kantor, KUA dan Madrasah yang ada di Kota Bukittinggi turut disampaikan oleh H. Abrar Munanda. Penayangan video tentang PTSP, pembangunan ZI-RB, Simpul, Submit ZI-RB serta Breakfast House dan Finger Absen di Madrasah mengiringi penyampaian laporan Kakan Kemenag Kota Bukittinggi tersebut.

 “Prestasi dan capaian adalah prestasi bersama. Terimakasih atas kontribusi positif kita semua dalam peristiwa bersejarah ini semoga menjadi pengalaman berharga dan motivasi serta menjadi amal ibadah bagi kita semua,” H. Abrar mengakhiri.

Walikota Bukittinggi melalui Asisten I, Noverdi memberi dukungan atas kegiatan dan apresiasi prestasi yang telah diraih oleh Kantor Kemenag Kota Bukittinggi. Noverdi berharap semangat integritas melalui kebersamaan, kolektivitas dan komitmen menjadi darah daging bagi ASN dalam mengemban amanah. 

“Apa yang diucapkan sejalan dengan apa yang dikatakan, inilah yang harus dipupuk terus menerus sehingga pelayanan prima menjadi budaya,” harap Noverdi.

Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat melalui Kabag TU, H. Irwan menyampaikan bahwa seluruh Kantor Kemenag di Provinsi Sumatera Barat telah melaksanakan PTSP dan yang paling pertama pelaksananya adalah Kantor Kemenag Kota Bukittinggi sekaligus sebagai pelaksana terbaik di tingkat Provinsi. 

“Dari berbagai prestasi yang ada Kemenag Kota Bukittinggi telah diberikan sertifikat Kemenag dengan inovasi terbanyak,” ucap H. Irwan.

“Dengan adanya pelayanan melalui Simpul di Kemenag Kota Bukittinggi, sehingga berbagai kunjungan dan studi berdatangan dari Kantor Kemenag yang ada Wilayah dan Nasional. Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Barat mengapresiasi dan memberi dukungan maksimal kepada tim solid yang dikomandoi oleh H. Abrar Munanda selaku Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi,” H. Irwan menegaskan.

“Kami mengharap bimbingan dan arahan dari Tim Evaluator sehingga terwujud pelayanan terbaik di Kantor Kemenag Kota Bukittinggi kedepan,” harap H. Irwan.

Dipenghujung sambutannya, H. Irwan mengajak seluruh keluarga Kantor Kemenag agar jangan malu bertanya bila ada sesuatu yang dibutuhkan. "Bila ada yang kurang lengkapi dengan baik, bila masih terkendala tuntaskan dengan baik, agar menjadi yang terbaik. Bukan hanya ditingkat wilayah tapi jadilah yang terbaik ditingkat Nasional,” pungkasnya.

Aan Syaiful Anbiya selaku ketua Tim Evaluator mengucapkan terimakasih atas sambutan dan pelayanan di Kantor Kemenag Kota Bukittinggi.“Kami selaku Tim untuk melakukan peninjauan lapangan terkait upaya Kantor Kemenag Kota Bukittinggi menuju ZI-WBK dan WBBM,” tuturnya.

“Pembangunan ZI adalah miniatur pelaksanaan Refomasi Birokrasi dengan terciptanya peningkatan kualitas layanan yang terintegrasi,” Aan mengakhiri. (sy)

Post a Comment

0 Comments