Pemkab Limapuluh Kota Gelar Pelatihan Pengelolaan Website

IMPIANNEWS.COM
Lima Puluh Kota, --- Sehubungan akan dilaksanakannya peningkatan kapasitas teknis, Dinas Kominfo Lima Puluh Kota adakan pelatihan teknis pengelolaan website di Gedung LPSE, Tanjung Pati, 9 s/d 10 September 2019

Pelatihan ini diikuti oleh seluruh unsur staff dan pejabat Diskominfo Lima Puluh Kota dibuka Bupati Limapuluh Kota diwakili Kadiskomonfo Ferry Chofa. Adapun Narasumber yang didapuk diantaranya Alfian Sabri Tanjung, SE seorang Praktisi IT / Website.

Dalam sambutan pembukanya, Kadiskominfo Ferry Chofa berharap peserta serius dalam mengikuti pelatihan ini. Karena baiknya sebuah pemerintahan ikut dipengaruhi pengelolaan website yang informatif. Web yang baik dikelola seorang pengelola yang profesional.

"Membuat sebuah website memang terlihat mudah untuk sebuah web programming dan web desainer. Namun ada kalanya membuat website terlihat sulit dan cukup rumit ketika kita tidak tahu apa yang dibutuhkan untuk bisa membuat website yang menarik dan informatif,"sebut Ferry Chofa

Sementara narasumber Alfian dalam materinya menyampaikan dalam membuat website perlu diperhatikan, pertama buat saja website yang simple saja dan punya ciri khas tersendiri. Kemudian mempunyai tampilan yang konsisten, jangan sampai setiap buka website posisinya berubah-ubah. Yang perlu diperhatikan juga yaitu pemilihan font. 

Karena penggunaan teks yang cocok dengan website akan memberikan nilai tambah untuk website kita. Kita harus tahu jenis teks apa yang kemungkinan cocok dan pas dengan website kita.

"Ketika website kita ditujukan untuk anak, kita bisa memilih jenis font yang ceria dan tidak membosankan jika dibaca oleh kalangan mereka. Begitu juga ketika website menjurus ke hal yang serius seperti website pemerintahan, kita bisa memilih jenis font yang sedikit lebih serius dan terlihat konsisten.", jelas Alfian.

Kemudian yang harus diperhatikan dalam pembuatan website adalah warna. Sama halnya dengan penggunaan font, warna juga harus sesuai dengan jenis dan fungsi dari website yang dibuat. Dan yang terakhir yaitu tata letak. Untuk membuat website perlu diperhatikan tidak hanya menarik, tetapi juga informatif, kita perlu tahu dulu akan di desain seperti apa websitenya nanti, dan ingin digunakan untuk apa website tersebut.(ul)

Post a Comment

0 Comments