Pemkab Limapuluh Kota Gelar Bimtek Keuangan Berbasis Simkeudes

IMPIANNEWS.COM
"Bimtek Aparatur Pemerintahan Nagari dan Kecamatan dalam Pengelolaan Keuangan Nagari Berbasis Siskeudes"

Lima Puluh Kota, --- Mengawal transparansi pengelolaan Keuangan Desa, Pemkab Limapuluh Kota melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Nagari (DPMDN) bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumatera Barat menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Nagari dengan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) bagi Aparatur Nagari dan Kecamatan se-Kabupaten Lima Puluh Kota, Rabu (11/08/2019).

Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 11-12 September 2019 di Aula Hotel Bundo Kanduang Payakumbuh, yang diikuti oleh 79 Kaur Keuangan Nagari dan 13 Operator Kecamatan.

Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) merupakan aplikasi teknologi informasi yang dikembangkan oleh BPKP, bertujuan untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan Desa / Nagari. 

Aplikasi Siskeudes diharapkan dapat menjadi solusi dalam peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan Desa / Nagari.

Melalui Alokasi Dana Desa (ADD) diseluruh Indonesia,  dituntut kesiapan dan kemampuan aparatur Pemerintah Desa / Nagari dalam proses percepatan, pemerataan, pemanfaatan dan pelayanan alokasi dana desa kepada masyarakat.

Hal senada disampaikan oleh Usman, S.Pd, M.Pd Sekretaris DPMDN Kabupaten Lima Puluh Kota mewakili kepala dinas pada pembukaan acara, memaparkan tujuan dilaksanakannya bimtek ini adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan para Kaur Keuangan Nagari dan Operator Kecamatan dalam pengelolaan keuangan Nagari sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. 

Dalam penggunaan aplikasi Siskeudes, pada bimtek ini menghadirkan langsung tim narasumber dari  BPKP perwakilan Sumatera Barat terdiri dari Yusrizal Nazaroeddin selaku pengendali teknis serta diiringi Arief Karna dan Rizky Wardana. 

Semoga dengan Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa / Nagari berbasis aplikasi Siskeudes dapat meningkatkan kompetensi aparatur Nagari dan Kecamatan dalam mengelola keuangan Desa / Nagari.(ul)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.