230 Siswa SMP Negeri 1 Padang diwisuda Hapal 1 Juz Al Qur'an

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Sebanyak 230 orang siswa SMP Negeri 1 Padang angkatan ke 3 diwisuda telah menamati 1 Juz hapalan Al,Quran bertempat di mesjid Agung Nurul Iman Padang kamis 4/4/2019.
Wisuda hapalan 1 Juz Al,Quran bagi siswa SMP Negeri 1 Padang sudah dicanangkan sejak tiga tahun yang lalu.pada tahun 2019 ini adalah wisuda ke 3. 

Kepala sekolah SMP Negeri 1 Padang Drs. Hakim Mpd mengatakan, pada tahun 2019 ini dikelas 9 jumlah siswanya 284 orang, secara keseluruhanya sudah hapal 1 Juz menamati hapalan Al,Quran. Tujuanya setiap siswa setelah menamati pendidikan di SMPN 1 Padang ini harus hapal dan mengantongi 1 Juz Al,Quran.

Untuk melaksanakan kegiatan wisuda hapalan 1 Juz ini dilaksanakan dengan sukarela oleh  masing-masing siswa. Sedangkan hafalan 1 Juz Al,Quran dari tahun ke tahun jumlahnya makin meningkat. angkatan pertma 100 orang, sedangkan angkatan ke dua 125. Diantara siswa SMP Negeri  1 ini sudah ada hapalanya sampai 4 Juz. umumnya 1 Juz, salah satu persyaratan dan sudah menjadi ketentuan sejak awal. Katanya.

program menghapal Al, Quran ini dilaksanakan secara progres setiap hari, 1 jam sebelum siswa melakukan aktifitas belajar dikelas. semua siswa di kumpulkan dilapangan untuk mengulangi hapalan khusus Juz Ama. sehingga siswa terbiasa menghapal Qur,an setiap pagi.kemudian di kelas 9 ada jam tatap mukanya selama 1 jam perkelas. dan setiap 1 tahun dinilai oleh guru apakah sudah bersih hapalanya. Dan sejauh mana kemampuan serta perkembangan siswa terkait hapalan Al,Quranya. sebut Hakim.

Lebih lanjut kepala sekolah SMP Negeri 1 Padang Hakim menyampaikan, Semua siswanya harus tuntas 1 Juz hapalan Al,Quranya untuk diwisuda. Pada tahun 2019 ini tidak semuanya siswa diwisuda karena terkait pendanaanya. Program menghapal Al,Quran ini adalah visi misi SMP Negeri 1 Padang tujuanya untuk meningkatka iman dan takwa yang ditanamkan setiap siswa. Bagi siswa yang telah tamat di SMP Negeri 1 Padang di harapkan siswa laki-lakinya bisa memimpin jadi imam. bahwa Juz ama itu terdiri dari 37 surat. apabila telah terpatri 37 surat itu oleh siswa kemana saja siswa tersebut berpergian tidak akan bisa tergoyahkan iman mereka. Dan inilah harapan kita untuk membekali siswa nantinya. Kemudian semua siswa tidak canggung jadi imam di tengah masyarakat dan sebagai pimpinan.

Sebelum program ini dicanangkan oleh Pemerintah Kota Padang SMP Negeri 1 sudah lebih dahulu melaksankan hapalan Juz ama ini. Program menghapal Al,Quran ini sangat erat kaitanya apa yang telah di programkan Pemerintah Kota Padang. bahkan secara keseluruhan sekolah di kota Padang sudah dianjurkan untuk melaksankan hapalan Al,Quran. Dan tentu semua sekolah di Kota Padang sudah memprogres dan tergantung tingkatan dan kekutan di sekolah itu lagi pungkas Hakim. (yz).
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.