Dinilai Kota Terkotor,Bupati Manggarai: Ini Cambuk Untuk Bangun Komitmen Bersama

Bupati Manggarai Pimpin ASN Lakukan Aksi Bersih
IMPIANNEWS.COM (Manggarai). 

Kota Ruteng menjadi satu dari empat kota kecil dengan nilai paling rendah pada program penilaian Adipura periode 2017 - 2018.

Hal ini merupakan penilaian dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI).

Kota Ruteng di Manggarai bersama Waikabubak di Sumba Barat, Waisai di Raja Ampat, Buol di Sulawesi Tengah dan Bajawa di Kabupaten Ngada masuk dalam daftar kota kecil terkotor.

Menanggapi hal itu, Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H. mengatakan bahwa pengumuman penilaian Adipura oleh KLHK merupakan cambuk agar semua elemen di daerah ini membangun komitmen bersama dalam mewujudkan dan meningkatkan kebersihan kota.

"Itu jadi semacam cambuk bagi kita semua yang menghuni kota Ruteng ini. Hasil itu didasarkan pada beberapa kriteria, mulai dari pembuangan sampah terbuka, partisipasi publik dalam pengelolaan sampah yang rendah, strategi pengelolaan sampah, sampai pada komitmen dan kebijakan anggaran. Dan hasilnya memang begitu. Yang perlu dipikirkan adalah langkah kita ke depan," Papar Bupati Deno Kamelus ditemui di ruang kerjanya hari ini, Rabu (16/1).

Bupati Manggarai optimis, langkah-langkah strategis terkait kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah akan lebih baik pada tahun 2019 ini.

"Tahun ini kita alokasikan anggaran sekitar 450 sampai 500 juta pada setiap Kelurahan, dan salah satu prioritas pemanfaatannya adalah penataan lingkungan dalam mewujudkan kota yang bersih,"jelasnya kepada sejumlah awak media

Ia berujar, intervensi pemerintah kelurahan akan dilakukan melalui pengadaan tempat sampah umum, pengadaan kendaraan roda tiga untuk pengangkutan sampah ke transfer depo, sampai pada sosialisasi terkait pengelolaan sampah rumah tangga.

Sementara itu sambungnya, secara umum untuk Kabupaten Manggarai, beberapa hal yang akan dilakukan adalah pembenahan fasilitas pendukung, penataan kembali tempat-tempat penampungan sampah, perbaikan dan pengadaan truk-truk sampah.

"Selama ini memang terdapat beberapa kendala, termasuk tiga dari empat truk sampah yang kita miliki itu rusak. Tahun ini saya minta kepada instansi teknis (Dinas Lingkungan Hidup) untuk segera perbaiki yang rusak dan mengadakan dua atau tiga truk pengangkut sampah baru," Cetusnya

Deno berkomitmen, penataan transfer depo dan tempat penampungan sementara akan menjadi prioritas.

"Saya juga sudah minta Pol-PP untuk melakukan pengawasan pada beberapa titik yang selama ini dipakai sebagai tempat pembuangan sampah padahal tempat itu sudah ditutup. Misalnya yang di kilometer lima menuju Watu Alo. Itu bukan TPA. Sudah ditutup," tegasnya

Untuk diketahui bersama,sejak diberitakan tentang  Ruteng dinobatkan salah satu kota terkotor,  banyak warganet yang berharap agar segera dilakukan pembenahan. Selain menyorot langkah dan kebijakan pemerintah, kampanye aksi bersih-bersih sampah juga mulai dilakukan.

Melihat hal itu,Bupati Deno berkisah bahwa aksi bersih sudah dilakukan sejak lama.

 Ia mencontohkan,Warga di Kelurahan Lawir, Kecamatan Langke Rembong melakukan aksi bersih sejak bulan Agustus 2018 silam, telah menyediakan tong-tong sampah di beberapa titik dengan jarak 10 sampai 20 meter.

 Selain itu dia berkisah, berbagai komunitas orang muda di kota Ruteng juga melakukan kegiatan bersama ‘bersih-bersih kota’. Beberapa titik yang selama ini menjadi tempat kegiatan mereka adalah Mbaru Wunut, Patung Hati Kudus Yesus (kompleks Toko Tarzan), dan di lingkungan masing-masing.

Menurut Bupati Manggarai, aksi partisipatif tersebut adalah hal baik yang harus terus ditingkatkan.

"Seluruh warga kota seharusnya terlibat dan berpartisipasi untuk mewujudkan Ruteng ini sebagai Kota Molas. Mulai dari menyiapkan tempat sampah di rumah, belajar tentang pengelolaan sampah rumah tangga, sampai pada mendiskusikan langkah-langkah strategis agar bisa menghasilkan kebijakan yang mampu menangani soal (sampah) dengan baik," pintanya

Menurutnya, "Kota Molas" adalah arah kebijakan dan kondisi ideal yang diharapkan.

 "Kerja-kerja kita (di bidang lingkungan hidup dan penataan kota) ini menuju ke sana. Ke Ruteng sebagai Kota Molas itu," ungkap Bupati Deno Kamelus sembari menyampaikan ucapan terima kasih kepada kelompok-kelompok dan komunitas yang terlibat dalam mewujudkan kota Ruteng yang bersih.

 "Ini tanggung jawa4b kita semua. Hasil penilaian Adipura kemarin itu adalah cambuk bagi kita semua," pungkas Bupati yang selalu sigap merespons setiap persoalan di kabupaten itu.  ( Kons Hona/Tim Humaspro Manggarai)