Pasar Pariaman Butuh Revitalisasi

IMPIANNEWS.COM (Pariaman). 

Pasar Pariaman kondisinya sangat mengkhawatirkan dan tidak layak lagi karena akibat goncangan gempa bumi serta perlu secepatnya direvitalisasi

Hal ini diungkap Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, saat melakukan kunjungan mendadak ke Pasar Pariaman, Sumatera Barat, Kamis (13/12/2018).

Hadir juga dalam kesempatan itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Men PUPR), Basoeki Hadimoeljono, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, yang juga didampingi oleh Walikota Pariaman Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Asben serta pejabat instansi Pemerintah Kota Pariaman.

Lebih lanjut Mendag RI mengatakan, pasar Pariaman merupakan prioritas utama bagi pemerintah pusat karena dinilai cukup mendesak dan dikhawatirkan bangunan yang sudah tua yang dibangun tahun 1987 menimbulkan persoalan lain. 

Nanti akan saya bicarakan dengan presiden, mudah-mudahan pembangunannya dapat dilakukan pada 2019, kata Enggartiasto Lukito. 

Saat peninjau tersebut Menteri Perdagangan juga sekaligus mencek harga pasar, dengan berdialog dengan para pedagang pasar pariaman. 

"Harga kebutuhan pokok dan lain-lain di pasar Pariaman masih tergolong normal," ujarnya.

Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan itu menyampaikan,  kunjungan Menteri Perdagangan dan Menteri PUPR ke Sumatera Barat sebuah jalan keluar dari kondisi bencana alam saat ini.  Jembatan dan jalan yang rusak akibat longsor dan banjir bandang telah membuat kegiatan ekonomi dan masyarakat terganggu. 

Kita memberikan apresiasi atas kunjungan kepedulian pemerintah pusat atas bencana yang kita alami. Mudah - mudahan kebaikan kunjungan mampu mempercepat perbaikan sarana dan prasarana yang rusak saat ini. 

Pemerintah Provinso Sumatera Barat amat mendukung dan mensuport atas gagasan Menteri Perdagangan Alan rencana revitalisasi Pasta Pariaman, ujar Irwan Prayitno. 

Mendag juga mengukapkan kondisi kepada Menteri PUPR akan kondisi pasar Pariaman ini. 

"Saya sudah membicarakan hal ini dengan Menteri PUPR pada rapat menteri yang lalu, terkait jumlah alokasi anggaran yang akan dikucurkan sesuai dengan proposal Walikota Pariaman yang mencapai Rp120 miliar," ujarnya

Walikota Genius dalam kesempatan itu juga menyampaikan, pemerintah kota dan masyarakat Pariaman sangat berharap agar Pemerintah Pusat dapat membantu pembangunan pasar Pariaman, dan semua usulan telah disampaikan beberapa waktu lalu,  mudah-mudahan dapat terealisasi,” kata Genius. (zs).
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.