Hadirkan Khatib Ustadz Orange, Pemko Payakumbuh Gelar Idul Adha di Poliko


IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh -- Senandung gema takbiran membesarkan asma Allah mulai terdengar ba'da Magrib pada Selasa (21/08/2018) di Kota Payakumbuh. Gema takbiran ini berlanjut dan sambung menyambung dari satu mesjid ke mesjid lainnya, dari mushalla ke mushalla lain.

Insyaallah Pemko Payakumbuh bersama PHBI direncanakan akan memusatkan pelaksanaan shalat Idul Adha pada Rabu (22/08/2018) di halaman balai kota eks Lapangan Poliko.

Hal ini sebagaimana diterangkan Walikota Payakumbuh melalui Kabag Kesra Setdako, Ul Fakhri.

" Pemko Payakumbuh akan pusatkan shalat Idul Adha di lapangan Poliko. Untuk kedua kalinya ustadz Narlis Nazar yang akrab disapa ustadz Orange akan menjadi khatib di shalat Ied di Kota Payakumbuh. Guna menghadirkan ustadz nasional ini, kita sudah siapkan sejak lama. Bertindak selaku imam ustadz Amru Siregar," terang Ul Fakhri.

"Diperkirakan shalat Idul Adha tahun ini lebih ramai dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan hasil rapat koordinasi lintas OPD pada Kamis (16/08/2018), tim gabungan siap sukseskan khusyuknya pelaksanaan shalat Ied di lapangan Poliko, yang akan dihadiri Walikota bersama Wakil Walikota beserta Pimpinan OPD, Ketua DPRD, Forkopimda, Kepala Kankemenag, PHBI, ormas islam dan ribuan warga," imbuh Kabag Kesra Ul Fakhri.

" Atas nama pemko Payakumbuh, kami mengucapkan selamat merayakan rangkain kegiatan hari raya Idul Adha tahun 2018 kepada warga muslim Payakumbuh," tandas Ul Fakhri.

Pawai takbiran warga Kelurahan Ibuh
Kepala Kankemenag Asra Faber yang kita jumpai di ruang kerjanya juga menyampaikan hal senada.

" Di bulan Dzulhijjah ada momen penting bagi muslim sedunia, yaitu pelaksanaan rangkaian ibadah haji, puasa Dzulhijjah, shalat Idul adha dan pelaksanaan ibadah qurban. Idul Adha adalah hari yang akbar. Di bulan ini terlihat jelas rangkaian ibadah hablul minaallah dan hablul minanaas. Marilah kita sukseskan pelaksanaan Idul Adha dengan semangat kebersamaan, Marilah kita berikan qurban yang terbaik kita," ucap Asra Faber yang tidak beberapa hari lagi memasuki usia purna bhakti sebagai seorang asn.

Sementara Ketua PHBI, Sahidin yang kita hubungi di selulernya mengajak muslim Payakumbuh untuk aktif mensukseskan Idul Adha dan serangkaian kegiatan keagamaannya.

"Marilah kita ramaikan shalat Idul Adha di lapangan Poliko atau tempat shalat Ied lain yang ada di kecamatan atau di kelurahan. Termasuk mensukseskan pelaksanaan qurban," ajak Sahidin.

Dengan semangat Idul Adha tahun 2018, Pemko Payakumbuh mengajak warga untuk meningkatkan semangat berqurban serta rasa kepedulian sosial dalam membangun bangsa dan negara.

Hingga malam ini, tidak terlihat warga kota melakukan takbiran keliling menggunakan truk di jalan raya. Hanya terlihat pawai takbiran berjalan kaki menggunakan obor dari jemaah dan santri TPQ Mesjid Nurul Islam kelurahan Ibuh dengan pengawalan pihak keamanan dan tokoh masyarakat.(ul)