Kankemenag Gelar Manasik Haji Gabungan Tingkat Kota Bukit Tinggi

IMPIANNEWS.COM (Bukittinggi).

Calon jama'ah haji Kota Bukittinggi tahun ini tergabung dalam kloter 12 gelombang pertama (jemaah terakhir gelombang pertama) yang akan berangkat menuju embarkasi Padang pada tanggal 28 Juli selanjutnya akan terbang menuju Madinah pada tanggal 29 Juli pada pukul 17.15 WIB.

Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Melalui Seksi Penyelenggara Haji Dan Umrah Kamis, 05/07/2018 mengadakan manasik haji gabungan tingkat kota di Masjid Mukhlisin Manggis Koto Selayan Bukittinggi.

Kegiatan manasik tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota didampingi Kakan kemenag diwakili kasubag Tata Usaha H. Idrial, Kabag Kesra, Kepala KUA dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kasi Bimas Islam Kankemenag kota Bukittinggi H. Zulfikar selaku panitia menyampaikan pada musim haji tahun 2018 bertepatan dengan 1439 Hijriyah ini, Kota Bukittinggi mendapat kuota haji sebanyak 370 orang jemaah calon haji. Dari jumlah tersebut terdapat 99 JCH berasal dari kecamatan ABTB, 144 JCH berasal dari kecamatan MKS dan 125 JCH berasal dari kecamatan Guguak Panjang. Selain itu terdapat dua orang pembimbing dan TPHD dari pemerintah Daerah.

"Bimbingan manasik jemaah calon haji gabungan ini diselenggarakan Kementerian Agama kota Bukittinggi selama 10 kali pertemuan mulai tanggal 5 hingga 16 Juli 2018. Dua pertemuan dilaksanakan di tingkat kota dan 8 pertemuan digelar di masing-masing kecamatan, "tuturnya.

Lebih lanjut kata Haji Zulfikar "Untuk manasik tingkat kecamatan Guguak Panjang dilaksanakan di Masjid Asy Syifa, kecamatan ABTB di Masjid Jami’ Aur Kuning dan di kecamatan MKS di Masjid Raudatul Jannah, kemudian nanti terakhir kembali ditutup dengan bimbingan tingkat kota pada tanggal 16 Juli 2018," jelasnya.

Sementara itu Kakan Kemenag Bukittinggi melalui Kasubag Tata Usaha H. Idrial dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebelumnya para Jama'ah Calon Haji Kota Bukittinggi telah mengikuti Bimbingan Manasik di KBIH yang ada di kota Bukittinggi yang dimulai semenjak Oktober 2017 lalu hingga saat ini.

Dari KBIH Asy Syifa, tercatat sebanyak 48 JCH, KBIH Masjid Jami’ Birugo 170 JCH, KBIH Masjid Raya 52 JCH, IPHI 98 JCH dan TPHD 1 JCH. "Bimbingan manasik gabungan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada jemaah, baik dari segi teori maupun dari segi praktek haji itu sendiri. Bimbingan ini juga sebagai pemantapan untuk JCH dan juga menambah kekompakan antara seluruh jemaah calon haji," ujarnya.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemko berharap para jemaah calon haji agar meluruskan niat untuk beribadah kepada Allah dan selalu menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan karena suhu udara di Tanah suci berbeda dengan Bukittinggi. Tidak semua umat muslim diberi kesempatan oleh Allah untuk melaksanakan haji oleh karena itu gunakan kesempatan tersebut secara maksimal.

"Pergunakanlah waktu manasik ini untuk pemantapan seta selesaikan seluruh permasalahan sebelum berangkat dan kami doakan semoga para JCH mendapat prediket haji yang mabrur," tuturnya. (Sy)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.