Irfendi Arbi Resmikan BUMNag Talago Manaro, Nagari Batu Hampa

Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi disaat meresmikan sekaligus melaunching, BUMNag Talago Manaro di Nagari Batu Hampa,
IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota). 

Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di daerah, adalah dengan membentuk dan mengembangkan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag). 

Hal tersebut disampaikan Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi disaat meresmikan sekaligus melaunching, BUMNag Talago Manaro di Nagari Batu Hampa, Kecamatan Akabiluru, Kamis (28/6).

“Saya sangat mengapresiasi dengan berdirinya BUMNag ini, sebab dengan adanya BUMNag di nagari saya yakin akan dapat menciptakan kemajuan dan kelancaran usaha kecil menengah di daerah kita serta dapat meningkatkan dan memacu ekonomi produktif di tiap nagari di daerah kita,"ujar Irfendi.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, dari 79 nagari di Kabupaten Limapuluh Kota, sudah sekitar 46 BUMNag yang ditelah berdiri dan sudah ada beberapa yang memiliki unit usaha, dan salahsatunya di BUMNag Talago Manaro di Nagari Batu Hampa ini. Kepada BUMNag tersebut, Bupati meminta agar terus mengembangkan, berkreasi dan berinovasi dalam meningkatkan usaha.

“Semoga nantinya didaerah kita memiliki BUMNag ditiap Nagarinya sehingga kegiatan usaha rakyat dapat maju dan taraf ekonomi masyarakat bisa meningkat,” tungkas, Irfendi.

Sementara itu, Wali Nagari Batu Hampa, Romi Suhardi melaporkan BUMNag Talago Manaro Batu Hampa ini telah beroperasi beberapa bulan belakangan dan pada hari ini dapat diresmikan langsung oleh Bupati Irfendi Arbi.

Dikatakannya, dipilihnya nama Talago Manaro untuk nama BUMNag tersebut adalah karena memiliki filosi tersendiri bagi BUMNag tersebut. "Kami memilih nama Talago Manaro sebab memiliki filosi tersendiri yakni Talago (Telaga) adalah salah satu sumber air untuk kehidupan, sementara manaro (menara) adalah ikon batu hampa tempat perkumpulan ulama. Jadi BUMNag Talago Manaro dapat diartikan adalah sumber kehidupan dan tempat ladang amal untuk masyarakat di Nagari Batu Hampa,"ujarnya.

Selanjutnya dirinya mengatakan dalam BUMNag Talago Manaro ini ada beberapa jenis usaha yang akan dikembangkan diantaranya adalah breding, penggemukan dan pembibitan kambing, pengembangan kebun jeruk, pepaya, lengkeng, durian dan buah-buah unggulan lainnya. 

Usai memberikan sambutan Bupati didampingi Wali Nagari, Kapolsek, Danramil dan masyarakat Nagari Batu Hampa, memotong pita pertanda diresmikannya BUMNag Talago Manaro, Nagari Batu Hampa.

Hadir juga pada kegiatan peresmian tersebut, Kadis Koperindag Limapuluh Kota,Kasman Kasim, Kepala Dinas Perikanan, Refilza, Kepala Dinas Sosial,Harmen, Kepala BKPSDM Limapuluh Kota, Aneta Bidi Putra, Kepala DPMN, Azuhdi Perama P, Kepala Dinas Damkar, Alfian, Camat Akabiluru,  Elfi Rahmi, Tokoh-Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya. (ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.