Ulak Karang Selatan Bersiap Jadi Kelurahan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi

Bagian Pemerintahan Setda Kota Padang memfasilitasi upaya tersebut dengan menggelar rapat persiapan dan evaluasi sekaligus mengoptimalkan pembinaan SKPD terkait.
IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Kelurahan Ulak Karang Selatan (UKS) bersiap menghadapi Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di tahun ini. 

Hal itu menyusul suksesnya salah satu kelurahan di Kecamatan Padang Utara ini sebagai Kelurahan Berprestasi Terbaik I Tingkat Kota Padang tahun 2018 di sela upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22 di Lapangan Imam Bonjol, Kamis (26/4) lalu. 

Menyikapi itu, Bagian Pemerintahan Setda Kota Padang memfasilitasi upaya tersebut dengan menggelar rapat persiapan dan evaluasi sekaligus mengoptimalkan pembinaan SKPD terkait.

Rapat yang dilangsungkan di Ruang abu Bakar Ja’ar Balaikota, Senin (30/4) itu dibuka Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Dian Fakri. Hadir Kabag Pemerintahan Arfian didampingi Kasubag Pembinaan Wilayah, Siska Meilani disertai tim pembina.

Dian Fakri mengatakan, setelah menjadi yang terbaik, Kelurahan Ulak Karang Selatan tentunya harus mempersiapkan diri mewakili Kota Padang di lomba tingkat provinsi. Sehingga betul-betul siap di semua kategori penilaian untuk menjadi yang terbaik nantinya. 

"Untuk itu diharapkan Lurah beserta jajaran pemerintah kelurahan setempat betul-betul serius menghadapi penilaian tersebut,” imbuhnya.

Adapun kata mantan Kepala Sat Pol PP Kota Padang itu, seperti diketahui lomba kelurahan berprestasi tingkat provinsi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Bukan hanya itu saja, kegiatan yang dilakukan satu tahun sekali ini juga untuk mengevaluasi sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai oleh kelurahan itu sendiri. 

“Jadi, apa saja yang dinilai harus dipersiapkan mulai saat ini. Seperti biasanya ekspos dari Lurah berupa kelengkapan kemasan catatan dalam bentuk laporan, termasuk potensi dan swadaya masyarakat. Semoga melalui rapat ini kita semua saling mendukung, sehingga Kelurahan Ulak Karang Selatan menjadi yang terbaik tidak saja di tingkat provinsi namun juga sampai ke nasional hendaknya,” harap Dian. 

Sementara itu, dalam presentasinya Lurah Ulak Karang Selatan, Irnofriadi memaparkan seputar upaya yang telah dilakukan sehingga mengantarkan kelurahan yang ia pimpin menjadi kelurahan terbaik tingkat Kota Padang di tahun ini. Selanjutnya ia pun juga menyampaikan tentang kesiapan yang telah dan akan dilakukan menghadapi penilaian tingkat provinsi nantinya.

“Cukup banyak kegiatan yang telah dilakukan dalam persiapan menghadapi penilaian tingkat provinsi. Terutama sekali dengan senantiasa menumbuhkan antusias masyarakat disertai mengembangkan potensi yang ada,” ungkapnya.

Diantara potensi itu terang Irnofradi, yakni di bidang peningkatan ekonomi dengan memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat. Kemudian memberdayakan pemuda untuk menjadi pelaku usaha dengan modal keterampilan yang dimiliki.

Selanjutnya, kegiatan-kegiatan pembenahan lingkungan dilakukan dengan gotong royong yang rutin oleh seluruh warga. Misalnya pembenahan drainase dan perbaikan fasilitas lingkungan lainnya.

"Alhamdulillah, Kelurahan Ulak Karang Selatan mendapat dukungan dari semua elemen dan tokoh masyarakat setempat. Terutama dukungan Camat Padang Utara, Editiawarman beserta jajaran yang sangat mendorong Ulak Karang Selatan untuk meraih prestasi.

“Kita optimis Ulak Karang Selatan mampu menjadi terbaik satu pada penilaian kelurahan terbaik tingkat Sumbar nantinya. Diantaranya telah menyiapkan profil kelurahan lengkap pada website disertai foto rangkaian kegiatan dan pembangunan di di Ulak Karang Selatan dalam bentuk film dokumenter,” ucapnya optimis. (dv)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.