Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang merayakan Dies Natalis ke-57.

IMPIANNEWS.COM

PADANG -- UIN Imam Bonjol Padang merayakan Dies Natalis ke-57 dengan tema "Merayakan Kebersamaan Meraih Institusi Unggul" acara ini diselenggarakan pada Rabu 29 November 2023 di Gedung J kampus lll UIN Imam Bonjol Sungai Bangek Padang Sumatera Barat.

Dalam peringatan Dies Natalis ke-57 ini adalah momentum  yang penuh makna, dan dilaksanakan dengan semangat kebersamaan yang tinggi, melibatkan elemen masyarakat, lingkungan, mahasiswa, dosen, tendik, dan alumni dalam berbagai kegiatan yang meriah.


Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd. dalam pidatonya, menyampaikan rasa syukur atas pencapaian luar biasa yang telah diraih. Tidak terasa, 57 tahun sudah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam ini tempat kita bernaung, tempat para ulama dan umara, para profesional yang tiada putus mengkaji dan mengaji berbagai bidang keilmuan, dengan satu tujuan meningkatkan kualitas pengabdian yang lebih baik sesuai tugas manusia sebagai khalifah Allah di muka bumi. Ilmu yang diamalkan itulah ilmu yang akan menjaga kita. Ilmu yang diamalkan akan mencerahkan dan melindungi masyarakat dari kebodohan.” ucapnya

Rektor menyebutkan, peningkatan signifikan peminatan masyarakat untuk mengejar pendidikan di UIN Imam Bonjol Padang. Pada tahun 2023, UIN Imam Bonjol Padang berhasil menempati posisi ke-5 sebagai PTKIN paling diminati dalam SPAN-PTKIN 2023. Begitu juga Pencapayan prestasi gemilang mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang, baik dalam skala nasional maupun internasional. Keberhasilan ini juga terlihat dalam peningkatan jumlah mahasiswa internasional, mencerminkan reputasi global UIN Imam Bonjol Padang yang semakin kokoh,'' ujarnya

Lebih lanjt dia menyebutkan, UIN Imam Bonjol Padang pada hari senin 27 November 2023 Menandai Era Keemasan dengan Pengukuhan 6 Guru Besar Terbaik, Muhammad Fadli Harapan Baru bagi Dunia Perpustakaan di Sumatera Barat, Dosen Muda dalam Gerakan LiterasiItjen Kemenag Ungkap Tiga Aspek Penting di Exit Meeting UIN Imam Bonjol Padang,'' katanya

Pentingnya kebersamaan dan semangat untuk meraih keunggulan institusi tercermin dalam tema acara tersebut. Rektor UIN Imam Bonjol Padang menyampaikan bahwa kebersamaan menjadi kunci utama dalam meraih keunggulan.

Perayaan Dies Natalis ke-57 ini bukanlah hanya sebuah  ulang tahun institusi saja, tetapi juga tentang kiprahnya yang membanggakan dan komitmen untuk terus berkarya. Semoga keberhasilan ini menjadi dorongan untuk meraih prestasi lebih tinggi di masa depan.

Pada momon istimewa ini Rektor UIN Imam Bonjol Padang melewakan Karya Inovasi Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang yang di inisiasi oleh mahasiswa Program studi Sistem Informasi Fakultas Saintek. Karya inovasi ini berupa mesin anjungan cetak dokumen mandiri yang diberi nama PRINTTHIS.ID.

Print this. Id. ini bukan hanya sekadar pencapaian teknologi semata, namun juga hadir sebagai solusi yang relevan bagi kebutuhan di dunia nyata. Lebih jauh
lagi, mesin anjungan cetak dokumen mandiri ini dapat mengakomodir berbagai jenis dokumen, mulai dari dokumen teks hingga foto berkualitas tinggi.

Malewakan mesin anjungan cetak mandiri ini juga dihadiri oleh seluruh
anggota senat, jajaran pimpinan dan civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang. Diharapkan mesin anjungan cetak mandiri ini akan membawa perubahan positif dan efisiensi serta kenyamanan dalam mencetak berbagai macam dokumen.

Mahasiswa Prodi Sistem Informasi (SI) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) luncurkan mesin print dokumen yang dirakit sendiri. Peluncuran tersebut bertepatan dalam penerimaan penghargaan pada peringatan Dies Natalis ke-57 UIN Imam Bonjol Padang.

Mahasiswa Prodi SI, Irfan, menyebutkan latar belakang pembuatan mesin tersebut adanya keluhan mahasiswa akibat fasilitas print yang jauh dari kampus. “Ini mempermudah akses bagi civitas akademika,” ujarnya

“Jadi kami menginovasi mesin ini untuk terpenuhi kebutuhan dalam proses belajar,” sambung Irfan.

Lanjutnya, proyek direncanakan secara tidak resmi enam bulan yang lalu. “Pelaksanaannya dimulai pada bulan Juni lalu,” jelasnya

Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Yasrul Huda, menuturkan proyek tersebut merupakan inovasi dari mahasiswa. “Saya kira itu adalah hal yang suprise,” ungkapnya.

Kemudian, ia menilai bahwa mahasiswa sekarang sedang memanfaatkan ruang yang tersedia untuk berkreativitas. “Ruangnya tersedia, lalu mereka isi dengan kreativitas,” ujar WR I UIN IB itu.

Ia berharap kontribusi mahasiswa tidak hanya terbatas pada fakultas saja, tetapi juga melibatkan kampus secara keseluruhan. “Berkontribusi juga untuk kampus,” tutupnya. 

Perayaan Dies Natalis ke-57 ini menjadi momon sejarah bagi UIN Imam Bonjol Padang, memotivasi seluruh komponen civitas akademika untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan membangun reputasi yang semakin kokoh di tingkat nasional maupun Internasional. ( Ayu )

Post a Comment

0 Comments