Kontrak PT Freeport diperpanjang, Melanggengkan Penjajahan

Oleh: Khusnul Khotimah, SP.
Pemerhati Umat 

IMPIANNEWS.COM

Kabar mengejutkan kembali muncul dari Pemerintah, bahwa kontrak PT Freeport akan kembali diperpanjang. Kenyataan ini memupus angan-angan bangsa Indonesia untuk bisa mandiri dan menikmati hasil bumi sendiri. Puluhan tahun harta tambang emas rakyat dikuras, tapi dinikmati oleh pihak asing, bukan oleh rakyat sendiri. Sungguh ironis.

CNBC Indonesia melansir pada tanggal 17 November 2023, bahwa Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) buka suara perihal kepastian perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia (PTFI) setelah tahun 2041 mendatang. Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan bahwa setelah Kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat (AS), salah satu hal yang dibahas adalah perihal perpanjangan kontrak pertambangan Freeport Indonesia di Papua yang akan berakhir tahun 2041. Arifin mengatakan IUPK PTFI bisa diperpanjang hingga tahun 2061 mendatang lantaran cadangan sumber daya mineral yang terhitung masih ada dan bisa terus dimanfaatkan.

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan ada dua syarat yang harus dipenuhi PT Freeport Indonesia (PTFI) jika ingin memperpanjang izin usahanya dalam pengelolaan tambang Grasberg, Papua. Salah satu syarat yang disebut Bahlil adalah membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian alias smelter baru di Papua. Syarat kedua ialah penambahan divestasi saham sebanyak 10% ke pemerintah melalui induk holding BUMN tambang, MIND ID. Harapan Bahlil, Freeport melepaskan sahamnya tersebut dengan harga semurah mungkin. (Detiknews.com. 17 November 2023)

Keputusan ini ditetapkam saat Jokowi melakukan pertemuan dengan Chairman Freeport McMoRan, Ricard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin (13/11) kemarin. Untuk diketahui, saat ini kepemilikan saham pemerintah di Freeport mencapai 51%. Dengan penambahan 10%, nantinya total saham pemerintah menjadi 61%. Tapi penambahan saham ini baru bisa dilakukan usai 2041 setelah izin operasi diperpanjang.
*Melanggengkan Penjajahan*
Penguasaan sumberdaya alam di negeri Indonesia udah terjadi sejak  puluhan tahun yang lalu, tidak hanya sumberdaya emas yang dikuasai PT Freeport di Papua. Namun beragam sumberdaya lainnya seperti batubara, nikel, bouksit, bijih besi, perak, baja, dll juga banyak diserahkan pengelolaannya oleh pihak asing. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan, karena sumberdaya alam tersebut hakekatnya adalah milik rakyat yang sudah seharusnya dapat dinikmati oleh rakyat, tetapi justru dinikmati oleh asing. 

Keadaan ini sangat kontras dengan kondisi rakyat yang saat ini banyak yang hidup dibawah garis kemiskinan. Bahkan beberapa waktu terakhir dikabarkan kejadian kematian puluhan orang di Papua karena kelaparan. 

Sekalipun diklaim bahwa pemerintah telah menguasai saham lebih dari 50%, pada kenyataannya hasil perolehan dari saham tersebut  tidak berdampak sama sekali terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan sumberdaya alam oleh asing nyata-nyata merugikan pemilik harta, yaitu rakyat dan hanya menguntungkan pihak asing. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa dengan perpanjangan kontrak PT Freeport ini, justru semakin melanggengkan penjajahan ekonomi terhadap rakyat Indonesia. 

*Pengelolaan Sumberdaya Alam dalam Islam*

Islam adalah agama yang lengkap dan paripurna. Alloh SWT memberikan aturan-aturan untuk manusia sebagai bekal untuk menjalankan kehidupan, agar kehidupan berjalan dengan baik dan berada pada jalur yang benar.

Dalam Islam, sumberdaya alam, termasuk barang tambang adalah termasuk kepemilikan umum, artinya menjadi hak milik umat. Harta kekayaan milik umat tersebut harus dikelola oleh negara dan hasilnya dikembalikan untuk pemenuhan kebutuhan rakyat baik untuk fasilitas umum, pelayanan dan juga kesejahteraan rakyat. 

Kekayaan alam milik rakyat ini tidak boleh diserahkan kepada swasta baik lokal maupun asing. Pemerintah harus mengupayakan untuk bisa mengelola dengan baik. Tenaga ahli maupun teknologi yang akan digunakan untuk mengelola sumberdaya alam ini harus diusahakan oleh pemerintah. 

Emas adalah sumberdaya alam yang luar biasa berharga. Dalam perekomian Islam, emas adalah standar kekayaan suatu negara, karena emas digunakan sebagai mata uang negara. Semakin banyak emas yang dimiliki oleh suatu negara maka semakin kaya negara tersebut. 

Sistem mata uang emas memiliki banyak kelebihan dibandingkan sistem uang kertas yang saat ini diterapkan di negara dengan sistem ekonomi kapitalisme. Secara pasti, sistem uang emas ini bersifat internasional. Sebelum dikuasai sistem ekonomi kapitalisme, seluruh dunia telah mempraktekkan sistem uang emas dan perak sejak ditemukannya uang hingga perang dunia l. Tetapi imperialisme membuat tipudaya melalui penjajahan ekonomi dan moneter, maka meraka menggunakan uang kertas sebagai salah satu sarana penjajahan. Saat ini terbukti penjajahan itu dengan dominasi mata uang dolar Amerika , yang menunjukkan dominasi Amerika di dunia.

Diantara kelebihan sistem mata uang emas antara lain : kurs mata uang emas bersifat tetap, tidak mudah berubah, sehingga para pelaku bisnis tidak khawatir dengan guncangan investasi akibat perubahan kurs. Selain itu, setiap negara akan menjaga kekayaan emasnya, tidak mudah diserahkan kepada asing, karena emas menjadi standar kekayaan negara tersebut, dan tentunya mempengaruhi tingkat kesejahteraan rakyatnya.

Dengan sumberdaya emas yang melimpah di Papua, seharusnya jika dikelola sendiri oleh pemerintah dan dikembalikan untuk memenuhi kebutuhan rakyat, pasti akan mampu menyelesaikan masalah kemiskinan di Indonesia sekaligus akan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Tidak akan ada lagi warga Papua yang mati kelaparan, pun juga warga Indonesia lainnya yang hidup dibawah garis kemiskinan. Negara juga tidak perlu mengemis bantuan dan utang luar negeri untuk memenuhi anggaran belanja negara maupun pembangunan infrastruktur. Membengkaknya utang luar negeri justru semakin memberatkan beban rakyat, karena rakyat semakin dicekik dengan kewajiban membayar pajak. 

Emas yang saat ini dikuasai oleh PT Freeport sudah saatnya di nasionalisasi, diambil alih oleh negara dan dikelola dengan aturan-aturan yang telah diberika oleh Alloh SWT, sang pencipta manusia dan alam semesta ini.

Demikianlah sistem aturan Islam mengatur kehidupan manusia. Katika manusia taat kepada Alloh dengan menerapkan aturan-aturannya, pasti akan membawa kesejahteraan dan keberkahan hidup dunia dan akhirat.
Wallahu'alam bi showaaf.

Post a Comment

0 Comments