Satgas TMMD Ke 116 Kodim 0306/50 Kota Sambangi Warga Berprofesi Sebagai Petani Gula Aren


IMPIANNEWS.COM

Lima Puluh Kota -- Disela waktu istirahat Anggota satgas TMMD ke 116 Kodim 0306/50 Kota Koptu Yopri melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) kepada pengrajin gula aren dari air pohon nira yang bernama bapak Soleh di Jorong Balai Malintang Nagari Sitanang Kecamatan Lareh Sago Halaban. Minggu (14/5/2023).


Potensi gula merah di wilayah di wilayah Nagari Sitanang sangat menjanjikan, oleh karena itu selaku Personil satgas TMMD, melihat peluang ini sebagai peluang bisnis yang sangat besar untuk mendapatkan pundi pundi bagi yang menjalankannya.


Sejak ikut satgas TMMD Koptu Yopri selalu aktif berada di wilayah lokasi TMMD ia juga menyampaikan bahwa, dengan diberikannya motivasi dan support seperti ini, dapat meningkatkan aktivitas warga binaan didalam setiap aktivitas yang dijalankan sehari hari.


“Kita sangat mengapresiasi pengrajin gula aren ini, meskipun berskala kecil, namun bisa menjadi perputaran ekonomi warga, "ungkapnya. 


Sementara itu, bapak Soleh petani gula aren kepada Koptu Yopri mengatakan, pembuatan gula aren tidaklah terlalu rumit. Air dari batang niro setelah diambil kemudian dimasukan ke dalam tungku untuk di masak sampai kental, selanjutnya, setelah agak dingin dimasukkan ke cetakan.


Hasil olahan ini setelah jadi akan dipasarkan di wilayah Nagari Sitanang dan juga pasar pasar di sekitar wilayah Nagari tetangga, ucapnya pula.

Post a Comment

0 Comments