Peluang Usaha di Kota Payakumbuh

Tugu Adipura

IMPIANNEWS.COM

Catatan, - Lebaran tahun 2023 telah berlalu, trend pasar kembali terbuka lebar yang menjadikannya banyak peluang usaha di Kota Payakumbuh, apalagi setelah lebaran seperti saat ini.


Bila kamu mencari peluang usaha pasca lebaran 2023 di Kota Payakumbuh sebenarnya susah-susah gampang, hal ini dikarenakan semakin banyak pilihan, maka untuk menentukan mana yang akan dieksekusi akan semakin membingungkan.


Oleh sebab itu, kali ini kami akan membantu menyajikan rekomendasi peluang usaha pasca lebaran 2023 di Kota Payakumbuh tahun 2023 yang masih jarang dieksekusi. Adapun peluang usahanya juga masih sedikit persaingan sehingga masih berpeluang besar untuk cuan besar.


Di Kota Payakumbuh sendiri saat ini tumbuh pesat perkembangan seluruh bidang seperti industri, wisata, pendidikan, dan lainnya, memunculkan banyak peluang usaha di Kota Payakumbuh tahun 2023.


Hal ini sebenarnya sejalan dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat mengenai kebutuhan pokoknya dan bagi para pengusaha sangat cocok untuk mencari peluang usaha di Kota Payakumbuh yang terbuka lebar saat ini.


Dikutip dari berbagai sumber, di bawah ini merupakan rekomendasi peluang usaha di Kota Payakumbuh tahun 2023 yang masih sedikit persaingannya sehingga kemungkinan cuan semakin terbuka lebar.


1. Bisnis makanan ringan


Peluang usaha di Kota Payakumbuh 2023 pertama ialah bisnis makanan ringan. Makanan ringan merupakan salah satu camilan terbaik yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia tidak terkecuali oleh masyarakat Kota Payakumbuh.


Maka tak heran jika bisnis makanan ringan adalah salah satu peluang usaha di Kota Payakumbuh 2023 yang laris hanya dengan modal kecil cuan berlimpah.


Jika kamu tak berkemampuan membuat makanan ringan, hal tersebut tidak menjadi masalah. Sebab, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper sehingga tidak perlu bersusah-susah membuat makanan ringan dari awal, di Payakumbuh banyak produsen rumahan lo.


Agar dapat menarik pelanggan yang lebih banyak, sebaiknya kamu persiapkan variasi makanan ringan. Saat ini, penjualan makanan ringan lebih banyak di rumah dan sistem penjualannya adalah secara online.


2. Bisnis kue basah


Peluang usaha di Kota Payakumbuh 2023 yang akan laris selanjutnya ialah bisnis kue basah. Kue basah rata-rata dijual pada waktu pagi hari, namun selama masa pandemi dulu, aktivitas ke pasar tidak sesering dulu.


Dengan adanya bisnis digital saat ini, membuat penjualan kue basah sedikit berbeda. Kini, kamu bisa menjual kue basah melalui aplikasi pesan antar atau menggunakan media sosial.


3. Jasa cuci motor atau mobil


Satu diantara banyaknya peluang usaha yang laris yakni membuka jasa cuci motor atau mobil. Untuk modal yang dibutuhkan untuk usaha ini yakni mesin kompresor agar dapat mencuci motor dan mobil.


Selain itu, pasca pandemi Covid-19, banyak orang kembali menggunakan kendaraan keluar rumah, sehingga jasa cuci kendaraan juga menjadi tren.


4. Menjual kerajinan tangan


Rekomendasi peluang usaha di Kota Payakumbuh 2023 yang selanjutnya ialah jualan kerajinan tangan.


Jika kamu mempunyai keahlian tertentu seperti kerajinan tangan, maka cobalah hal itu sebagai berjualan di rumah. Kerajinan tangan yang unik bisa laris hanya dengan modal sangat kecil.


Perlu kamu ketahui bahwa banyak sekali limbah domestik yang bisa menghasilkan karya melalui tangan kreatif.


5. Jasa menjahit


Peluang usaha di Kota Payakumbuh 2023 selanjutnya ialah membuka jasa menjahit. Jika kamu mempunyai keahlian menjahit, maka tidak ada salahnya untuk membuka bisnis yang satu ini.


Kamu bisa membuka jasa permak jeans, levis, atau bisa juga pakaian sobek. Apalagi, calon konsumen lebih banyak membutuhkan jasa tersebut dibandingkan membeli pakaian baru lagi.


6. Menjual pulsa dan paket internet


Internet sudah menjadi kebutuhan utama di zaman sekarang. Tidak hanya untuk media hiburan saja, pulsa dan paket internet juga dipakai untuk bisnis.


Apalagi, metode pembelajaran dan pekerjaan lebih banyak dialihkan secara daring selama pandemi. Maka dari itu, peluang usaha di Kota Payakumbuh ini termasuk berjualan di rumah yang akan laris saat dilakukan.


7. Usaha Pet Shop


Bagi kamu para pecinta hewan dan tertarik untuk menjadikan hobi kamu sebagai salah satu mata pencaharian, usaha petshop bisa dijadikan opsi yang tepat!Hewan adalah salah satu teman terbaik manusia.


Memelihara hewan dapat memberikan banyak manfaat bagi pemiliknya. Antara lain yaitu perasaan tenang dan dicintai, menurunkan stress, mengajarkan rasa tanggung jawab.


Dan yang tidak kalah penting yaitu mengajarkan kita rasa sayang kepada sesama makhluk hidup serta toleransi. Tak heran, setiap tahunnya angka pertumbuhan orang yang memelihara hewan selalu mengalami kenaikan.


8. Bisnis busana


Peluang usaha di Kota Payakumbuh yang akan laris hanya dengan modal kecil lainnya adalah bisnis busana. Secara umum, bisnis busana yang cukup banyak mendatangkan pelanggan adalah perempuan.


Baik itu busana anak-anak hingga dewasa, jenis busana untuk perempuan biasanya berpeluang besar terjual lebih banyak dan juga cepat.


Selain itu, faktor tren juga sangat berpengaruh pada bisnis busana ini. Untuk itu, kamu harus selalu pantau model baju mana yang akan laris di pasaran.


Cara melihat tren busana akan lebih mudah jika kamu selalu perhatikan di marketplace atau media sosial.


9. Usaha Pertanian Hidroponik


Hidroponik adalah cara menanam dengan mengandalkan media tanam air dan ditambahkan dengan berbagai jenis nutrisi. Jenis usaha ini memang sedang digandrungi di Kota Payakumbuh namun bukan berarti tidak cocok untuk dijadikan sebagai usaha di Kota Payakumbuh.


Umumnya masyarakat Kota Payakumbuh memang telah hidup dengan pertanian sehingga menjalankan usaha pertanian hidroponik bukanlah hal yang sulit dipelajari dan dijalankan.


Selain itu, jenis peluang usaha di kampung ini mempunyai bahan instalasi yang juga cukup mudah didapatkan dan dirangkai.


Sudah banyak berbagai tutorial di kanal Youtube yang menjelaskan bagaimana bertani menggunakan metode hidroponik.


Sebagai tambahan, hidroponik merupakan usaha di kampung yang menjanjikan ke depannya karena selain menjual hasil panennya, jika kita sudah mahir merangkai instalasinya.


Kita juga dapat menjual berbagai bentuk instalasinya atau bahkan menjadi instruktur untuk orang-orang yang baru memulai usaha hidroponik.


10. Jualan Kue Tradisional


Setiap daerah pada umumnya mempunyai penganan khas yang mempunyai cita rasa tersendiri.


Oleh karena itu, jualan kue tradisional khas Kota Payakumbuh merupakan usaha di Kota Payakumbuh yang menguntungkan karena masih mempunyai permintaan yang tinggi.


Hal tersebut disebabkan jenis usaha di kampung selalu punya tempat di hati masyarakat Kota Payakumbuh, ditambah dengan semakin berkembangnya teknologi kemasan yang dapat membuat kemasan pegangan tradisional lebih higienis dan menarik.


Usaha potensial di Kota Payakumbuh ini juga mempunyai modal yang cukup terjangkau karena biasanya bahan baku utamanya masih banyak tersedia di lahan-lahan pertanian di Kota Payakumbuh.


Sehingga, jenis usaha di kampung ini akan berkontribusi juga dalam perbaikan hidup petani di Kota Payakumbuh.


11. Wedding Organizer


Bisnis wedding organizer punya prospek bisnis yang menggiurkan. Banyak orang yang ingin menikah memilih jasa wedding organizer karena tidak perlu repot-repot mengurus berbagai hal sendiri.


Selain menjadi wedding organizer, kamu juga berpotensi mendapatkan tambahan pemasukan dengan membuka bisnis yang masih berkaitan.


Misalnya menyewakan perlengkapan pernikahan, menyediakan catering, atau menyediakan dekorasi pernikahan.


12. Usaha Sewa Alat Pertanian


Bagi yang mempunyai modal yang cukup banyak dan sedang mencari peluang bisnis di Kota Payakumbuh, ada baiknya melirik jenis usaha ini.


Usaha sewa alat pertanian merupakan jenis usaha yang cocok di kampung dikarenakan mempunyai target pasar yang jelas.


Apalagi Jika memasuki musim-musim tertentu seperti panen atau menanam di mana permintaan akan alat untuk membajak sawah atau memanen sangatlah tinggi.


13. Usaha Barbershop


Peluang usaha di Kota Payakumbuh 2023 selanjutnya ialah jasa potong rambut atau biasa disebut Barbershop.


Bagi kebanyakan orang, penampilan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Maka dari itu, membuka usaha barbershop bisa mendatangkan cuan yang sangat lumayan.


Terlebih, jika kamu mempunyai keahlian mencukur rambut dan sudah mempunyai peralatan yang dibutuhkan. Tentunya modal yang digunakan untuk membuka usaha ini akan lebih murah.


14. Usaha Galon


Peluang bisnis di Kota Payakumbuh cukup beraneka ragam dan terus berkembang. Usaha isi ulang galon merupakan salah satu usaha di Kota Payakumbuh yang menjanjikan karena umumnya Kota Payakumbuh kaya akan sumber mata air dan mempunyai kualitas air tanah yang baik.


Selain itu, berbagai alat instalasi untuk usaha depot air minum cukup mudah ditemukan, baik itu melalui daring ataupun datang langsung ke tokonya.


Jika dengan pemakaian dispenser listrik yang semakin meningkat, tentu saja membuat usaha isi galon menjadi bisnis menguntungkan di Kota Payakumbuh dan mempunyai prospek yang cukup baik ke depannya.


15. Bisnis Mainan Anak


Permintaan akan mainan anak setiap tahunnya akan selalu ada. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh tren dan popularitas mainan tertentu.


Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan berkecimpung di peluang bisnis ini. Pastikan Anda menjual mainan dengan harga terjangkau sesuai target pasar dan yang mampu menarik pelanggan.


16. Ternak Ayam Kampung


Usaha ternak ayam kampung merupakan usaha di Kota Payakumbuh yang menguntungkan karena umumya di Kota Payakumbuh mempunyai lahan yang luas dan juga mempunyai lingkungan yang kondusif untuk beternak ayam.


Membutuhkan modal yang kecil juga menjadi faktor utama mengapa beternak ayam kampung merupakan usaha di Kota Payakumbuh yang menjanjikan karena tidak seperti beternak kambing atau sapi yang membutuhkan modal yang cukup banyak.


Selain itu, jenis bisnis di kampung ini mempunyai kesempatan untuk bermitra dengan berbagai perusahaan khususnya di bidang peternakan dan pangan yang umumnya dapat membantu peternak dari awal sampai dengan panen.


17. Usaha Rental Mobil


Peluang usaha di Kota Payakumbuh 2023 yang cukup besar cuannya ialah rental mobil. Jasa rental mobil bisa menjadi peluang bisnis di bidang transportasi dengan keuntungan yang melimpah.


Pasalnya, mobil mampu menjangkau tempat yang jauh, mengangkut lebih banyak orang, menghindari teriknya matahari dan udara panas.


Dengan kata lain, usaha ini termasuk dengan usaha yang tidak akan pernah sepi peminatnya, terutama di hari-hari besar saat banyak orang memilih untuk mudik atau bepergian bersama keluarga.


18. Penjualan Aneka Bibit Tanaman


Berjualan berbagai jenis bibit tanaman merupakan ide bagus sebagai usaha menjanjikan di Kota Payakumbuh karena selain kondisi lingkungan yang sangat mendukung, seperti jauh dari polusi dan dekat dengan sumber air.


Peluang usaha di Kota Payakumbuh ini mempunyai pasar yang luas, apalagi semenjak hadirnya marketplace yang memungkinkan kita memasarkan produk secara daring.


Bervariasinya jenis bibit juga membuat kita mempunyai banyak pilihan untuk melakukan usaha bisnis di Kota Payakumbuh ini.


Mulai dari bibit tanaman hias, sayur mayur, sampai dengan bibit tanaman buah-buahan. Hal tersebutlah yang membuat jualan bibit menjadi usaha di Kota Payakumbuh yang menjanjikan.


Penjualan bibit juga dapat menjadi usaha produktif di Kota Payakumbuh 2023 karena naiknya tren menanam di masyarakat Kota Payakumbuh semenjak pandemi dan tren ini kemungkinan akan terus berlanjut.


Nah demikian tadi deretan peluang usaha di Kota Payakumbuh 2023 yang tidak terlalu mengeluarkan modal terlalu banyak serta masih sedikit saingannya dan yang jelas bisa mendatangkan cuan berlimpah.(014)

Post a Comment

0 Comments