Delegasi UNP Ikuti Workshop Akreditasi Internasional FIBAA


IMPIANNEWS.COM

Yogyakarta – Universitas Negeri Padang (UNP) mengikuti workshop Akreditasi Internasional yang diselenggarakan oleh FIBAA di Universitas Islam Sunan Kalijaga pada 11-13 Mei 2023. Dalam workshop ini, UNP mengirim 6 utusan yang dipimpin oleh Sekretaris Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) Dr. rer. nat. Deski Beri, M.Si., dan Ketua Divisi Akreditasi Dr. Ulfia Rahmi, M.Pd., serta masing-masing satu utusan dari fakultas yang terlibat yaitu Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dari 3 fakultas, yaitu Dr. Havid Ardi, M.Hum. (FBS), Dr. Zikri Alhadi, S.IP., M.Hum. (FIS), Dr. Masrun, (FIK), dan Dr. Marwan (FE). Workshop yang diberikan tim FIBAA oleh Mag.ยช Diane Freiberger dan Viktoria Dermanowski terkait penyusunan Self Evaluation Report, penyiapan lampiran dan proses visitasi lapangan.

Saat ini UNP telah mengirimkan kontrak untuk beberapa prodi di FIK, FBS, FE, dan FIS yang terbagi menjadi 3 Klaster. Klaster 1 yang terdiri dari program studi Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi; klaster 2 terdiri dari program studi Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Pendidikan Sejarah, dan Pendidikan Sosiologi; klaster 3 terdiri dari program studi Management, Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, Ekonomi Pembangunan, dan Ilmu Adminstrasi Negera. 

Lembaga Akreditasi Internasional FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) yang didirikan pada tahun 1994 merupakan lembaga atau Badan Akreditasi di Eropa yang diakui di berbagai negara di dunia. Lembaga ini berorientasi untuk penjaminan dan pengembangan kualitas dalam pendidikan tinggi dan telah diakui oleh Direktorat Jenderal Tinggi Kemendikbud Ristek RI, sesuai dengan Keputusan Mendikbud Ristek RI No. 83/P/2020 tentang Lembaga Akreditasi Internasional. FIBAA juga merupakan Lembaga yang memiliki jaringan internasional dengan kerangka badan Internasional untuk meningkatkan daya banding standar mutu dan prosedur manajemen mutu (DB/ Humas UNP)