Universitas Negeri Padang (UNP), kembali mengkukuhkan empat orang Guru Besar dalam Sidang Terbuka Senat Akademik.

IMPIANNEWS.COM

Padang - Universitas Negeri Padang (UNP), kembali mengkukuhkan empat orang Guru Besar dalam Sidang Terbuka Senat Akademik pada Kamis (6/4) di Auditorium UNP, Kampus Air Tawar, Padang. Adapun empat orang guru besar baru tersebut yakni Prof. Dr. Muhammad Sazeli Rifki, S.Si., M.Pd pada bidang Ilmu Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, Prof. Dr. Nurul Ihsan, S.Pd., M.Pd  pada bidang Ilmu Teknologi Pendidikan Olahraga dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, Prof. Dra. Yetti Zainil, M.A., Ph.D, pada bidang Ilmu Teaching of English as a Foreign Language dari Fakultas Bahasa dan Seni, dan Prof. Yohandri, M.Si., Ph.D pada bidang Ilmu Fisika Instrumental dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 

Ketua Senat Akademik Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd menyampaikan apresiasi dan selamat kepada keempat guru besar yang dikukuhkan pada hari ini. Pengukuhan guru besar hari ini merupakan periode ke 2 pada tahun 2023 ini, dimana sebelumnya kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan pada bulan Maret lalu. Dalam sambutannya, Prof. Sufyarma mengatakan bahwa saat ini Universitas Negeri Padang telah memiliki 91 orang guru besar. Jabatan akademik guru besar merupakan jabatan akademik tertinggi dari seorang dosen. “Para guru besar dituntut memiliki sifat profesional dalam ilmu yang ditekuni serta menjadi panutan bagi mahasiswa dan masyarakat serta ilmu yang dikembangkan dapat dilanjutkan secara terus menerus secara professional” demikian sambutan Prof. Sufyarma. 

Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan rasa bahagia dan apresiasi atas pencapaian akademik keempat guru besar sesuai dengan bidang ilmu yang fokus dengan kajian masing-masing. Para guru besar harus selalu berinovasi, memperkaya sumber informasi  dan membagi ilmu kepada mahasiswa dan masyarakat. “Acara pengukuhan guru besar pada hari ini, bukanlah hanya sebuah formalitas dari tradisi akademik di sebuah perguruan tinggi, tetapi bagi Universitas Negeri Padang memberikan makna positif dan penguatan bagi lembaga, dalam menapaki jalan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) sejak tahun 2021. Pengukuhan Guru Besar ini, juga tentunya juga akan memberikan kontribusi terutama dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama UNP dan World Class University, serta memberi nilai tambah untuk mempertahankan akreditasi UNP sebagai Perguruan Tinggi Unggul sejak awal tahun 2022 yang lalu” disampaikan oleh Prof. Ganefri.

Rektor UNP menambahkan “dengan gelar yang diberikan kepada keempat guru besar , kami mengharapkan pada guru besar kita di Universitas Negeri Padang terus berkarya mengharumkan nama institusi dan tentu juga berkontribusi untuk pembangunan, khususnya dalam bidang pendidikan di Negara Republik Indonesia, seraya terus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Rektor UNP 

Pada kesempatan ini ke empat guru besar menyampaikan orasi ilmiah yakni Prof. Dr. Nurul Ihsan, S.Pd., M.Pd dengan judul orasi ilmiah “Teknologi Keolahragaan dan Daya Saing Bangsa”, Prof. Dr. Muhammad Sazeli Rifki, S.Si., M.Pd “Tes dan Pengukuran Dalam Pembangunan Bidang Olahraga (Potensi dan Permasalahannya), Prof. Dra. Yetti Zainil, MA., Ph.D. dengan judul orasi ilmiah “Language Input and Code-Switching in the Teaching of English as A Foreign Language: A Stimulated Recall and Conversation Analysis”, dan Prof. Yohandri, M.Si,. Ph.D dengan judul orasi ilmiah “Antena Mikrostrip Untuk Instrumen Circularly Polarized Synthetic Aperture Radar (CP-SAR). 

Upacara pengukuhan guru besar ini dihadiri oleh seluruh anggota Senat Akademik Universitas Negeri Padang, Ketua Majelis Wali Amanat, Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan, Direktur Sekolah Pascasarjana, Kepala Lembaga, Kepala Badan serta keluarga besar para guru besar yang dikukuhkan pada hari ini.

(SS/Humas UNP)

Post a Comment

0 Comments