Mengenal Yabun Festival Tradisi Orang Pribumi Australia

Yabun Festival yang sedang berlangsung Sumber gambar: yabun.org.au

Oleh: Dhea Arita Putri

IMPIANNEWS.COM

Yabun Festival merupakan salah satu tradisi tahunan orang pribumi Australia. Festival tahunan ini diadakan setiap tanggal 26 Januari di Gadigal Land Campedown, Sydney. Dalam bahasa Gadigal Yabun bermakna sebagai “musik dengan irama”  Yabun festival adalah acara satu hari terbesar budaya Aborigin dan Torres Strait Islander di Australia. Yabun Festival menjadi acara musik terbesar suku Aborigin yang mampu menarik 10.000 hingga 15.000 wisatawan. 

Yabun Festival sendiri didirikan oleh Gadigal Information Service Aboriginal Corporation pada tahun 2003.

Tidak hanya menampilkan acara musik saja, pada festival ini juga diadakan pertunjukan budaya tradisional, diskusi terbuka, serta berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak maupun orang dewasa. Dalam event ini juga ada gerai yang memamerkan karya seni, dan desain yang bisa untuk kita kunjungi. 

Festival ini  tak kalah menarik dengan festival lainnya di Australia. Banyak masyarakat lokal maupun wisatawan luar menyempatkan hadir untuk menyaksikan acara tahunan tersebut. 

Festival ini juga dijadikan sebagai acara pertemuan untuk mempererat ikatan antara Aborigin dan Torres Strait Island. Namun, festival ini sempat tidak diadakan selama 2 tahun karena adanya pandemi Covid-19.  

Setelah pandemi berakhir festival kembali diadakan pada tahun 2022 dan tahun ini. Pada tahun ini festival ini menampilkan penulis lagu dan artis seperti musisi Tia Gostelow, Aodhan, Denni dan DRMNGNOW yang bergabung dengan Robert K Champion, Kyarna Rose dan Matty Walker. Festival ini berlangsung di Victoria Park, Boardway Gadigal Land.

Berdasarkan dari sumber akun Youtube ReachOut Australia salah satu pengunjung mengatakan Yabun Festival merupakan acara yang memperkuat ikatan keluarga “Alasan mengapa kami datang hari ini adalah untuk merayakan budaya Aborigin Torres Strait Islander Anda tahu kami tahu bahwa kami datang dan kami mendukung ikatan keluarga kami tetapi kekuatan kami sekarang adalah keterhubungan komunitas kami keluarga kami” 

Berdasarkan dari sumber yang sama menurut salah satu turis yang berkunjung ia mengatakan “Betapa bangganya setiap orang dulu mereka merayakan budaya mereka dan dapat mengetahuinya setiap tahun semakin banyak dan banyak orang yang berkunjung”

Menurut salah satu akun twitter Daniel Wong ia mengatakan, “Yabun Festival is rocking. Spoke to @ulurustatement youth dialogue folks. Go talk to our smart young people. They know what they are talking about”

Menurut salah satu pengguna Instagram dengan nama akun ronibintang mengatakan, “For Indegenous Australians, “Australia Day” is not a day to celebrate. Every year the movement to change the date grows bigger and stronger. I give my respect to the Indegenous people of the lands  I live on the Awabakal people, and the Gadigal people of Eora nation where I work, their Elders, past, present, and future” 

 “Yabun Festival  merupakan festival yang sangat menarik untuk dikunjungi karena kita bisa belajar dan mengambil pengalaman bagaimana orang asli Australia mempertahankan tradisi tersebut” (Santila) pendapat salah satu mahasiswi Sastra Inggris Universitas Andalas.

Tidak harus datang ke Australia, Yabun Festival ini juga bisa kita lihat diberbagai platfom media sosial seperti Instagram, facebook, tiktok atau kita bisa menonton live streaming nya di YouTube.

Post a Comment

0 Comments