Merdeka Belajar (PUSDIKBELMERJAR), LP3S UNP melaksanakan Workshop Pengembangan Konten Pembelajaran Digital bagi dosen luar biasa

IMPIANNEWS.COM

Padang, - Pusat Pendidikan, Pembelajaran dan Merdeka Belajar (PUSDIKBELMERJAR), LP3S UNP melaksanakan Workshop Pengembangan Konten Pembelajaran Digital bagi dosen luar biasa pengampu mata kuliah umum (MKU) UNP (3-4/032023).

Kegiatan ini diikuti oleh 43 dosen berstatus luar biasa didampingi oleh koordinator MKU masing-masing. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran MKU sesuai IKU 7 beserta konten pembelajaran di LMS UNP.

Ketua pelaksana kegiatan, Saddam Al Aziz,, M. Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja Pusdikbelmerjar sebagai bentuk kontribusi untuk peningkatan capaian kinerja LP3S dan UNP di bidang Pendidikan dan Pembelajaran.

Sedangkan Kepala Pusat Pendidikan, Pembelajaran dan Merdeka Belajar, LP3S UNP, Dr. Nofrion, M.Pd yang menjadi narasumber pada sesi pertama menyampaikan bahwa pembelajaran MKU saat ini diarahkan untuk menerapkan case based learning dan project based learning baik secara mandiri oleh masing-masing MKU maupun kolaborasi dua atau lebih MKU yang relevan CPMK/ Sub-CPMKnya.

Tahun 2023 ini, UNP juga akan mengusulkan proposal pengembangan model pembelajaran MKWKPT berbasis proyek untuk MKU Pancasila, Kewarganegaraan, Agama dan Bahasa Indonesia.

Dikutip dari berita kupasonline.com, Kepala LP3S UNP, Prof. Dr. Jamaris, M. Pd dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar Pusdikbelmerjar terus melakukan inovasi pembelajaran baik untuk MKU maupun pembelajaran secara umum di UNP. Guru besar dari Program Studi Pendidikan Luar Sekolah yang juga pernah menjabat sebagai Kepala LPMP Sumatra Barat ini juga menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Pusdikbelmerjar yang telah mampu membuat inovasi dalam pengelolaan MKU dengan mengembangkan sistem informasi MKU dan ujian akhir MKU berbasis Komputer (CBT).

Ke depan, diharapkan agar dilakukan standardisasi Lebih lanjut disampaikan bahwa Pusdikbelmerjar sesuai dengan SOTK UNP sebagai PTNBH juga mengelola program MBKM di UNP baik program “flagship” dari Kemdikbudristek maupun program mandiri yang diinisiasi oleh program studi UNP.

Workshop yang berlangsung selama dua hari ini, selain diisi oleh Kepala Pusat Pendidikan, Pembelajaran dan Merdeka Belajar, LP3S UNP, Dr. Nofrion, M.Pd, juga menghadirkan narasumber Saddam Al Aziz dengan materi Pengelolaan Fitur LMS UNP dan Erwin Pri Utomo, M.Pd dari Ruanguru dengan materi Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Pengembangan Konten Pembelajaran Digital.

Salah seorang koordinator MKU yang turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Dr. Junaidi Indrawadi,M. Pd dari MKU Pancasila menyambut baik kegiatan ini. Ia menyampaikan terima kasih kepada Pusdikbelmerjar, LP3S UNP yang telah mengadakan workshop ini. Selain untuk mengembangkan konten pembelajaran digital, kegiatan ini juga menjadi ruang silaturahmi antar dosen Luar Biasa yang mengampu MKU di UNP (*).

Post a Comment

0 Comments