Membludak Ratusan Masyarakat Thaharah di Masjid Kulliyatul Muslimin Tanjung Pati

.

IMPIANNEWS.COM

Sarilamak, - Masjid Kulliyatul Muslimin yang terletak di Jorong Simpang Empat Tanjung Pati Nagari Koto Tuo Kecamatan Harau, Ahad (19/03) dibanjiri masyarakat yang akan melakukan thaharah Masjid sekaligus bersilaturahmi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H. Kegiatan thaharah Masjid tersebut merupakan program Kementerian Agama Republik Indonesia secara Nasional yang dilaksanakan secara berjenjang. Maka tidak heran ratusan masyarakat yang hadir berbaur dengan ASN Kemenag Lima Puluh Kota yang memusatkan kegiatan thaharah di masjid tersebut. 


Disamping dihadiri oleh Kakan Kemenag Lima Puluh Kota beserta jajaran kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Marsanova Andesta Anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota.


H.Irwan Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dalam sambutannya menjelaskan, "Atas nama pimpinan lembaga dan pribadi saya sampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada masyarakat Nagari Koto Tuo yang telah bersinergi dengan jajaran Kemenag Lima Puluh Kota sehingga kegiatan thaharah kita hari ini berjalan dengan baik, "jelas Kakan Kemenag.


Lebih lanjut dijelaskan, "Melalui kegiatan ini diharapkan akan tercipta lingkungan rumah ibadah yang bersih, asri dan nyama, agar masyarakat dapat beribadah dengan tenang penuh kekhusyukan selama bulan suci Ramadhan. Disamping membersihkan lingkungan esensi lain dari kegiatan ini adalah upaya membersihkan jiwa dari berbagai noda kesalahan agar kita semua memasuki bulan suci Ramadhan dalam keadaan suci lahir dan batin."terang H.Irwan.


Terkait dengan kegiatan silaturahmi dalam bentuk makan "Basamo" Kakan Kemenag menyampaikan, "Saya bangga sekaligus terharu menyaksikan antusias masyarakat Nagari Koto Tuo untuk bersilaturahmi, para Bundo Kandung datang membawa hidang, menyiapkan berbagai kebutuhan untuk makan basamo, ini merupakan kearifan lokal yang harus kita pelihara bersama, rasa kebersamaan dalam bingkai kekeluargaan merupakan modal awal dalam membangun Nagari yang kita cintai ini. "Jelas Jebolan Magister UIN Imam Bonjol Padang ini.


Di akhir sambutannya Kakan Kemenag Lima Puluh Kota mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk menjadikan momentum bulan puasa ini sebagai wadah meningkatkan kualitas ibadah dan keimanan, "Bulan suci Ramadhan merupakan bulan pendidikan bagi orang-orang yang beriman, banyak peluang ibadah yang pahalanya berlipat ganda, dimana pintu ampunan di buka Allah SWT seluas-luasnya, dengan harapan di akhir Ramadhan nantinya kita semua mendapatkan titel taqwa yang dijanjikan Allah SWT. "Simpul Kakan Kemenag.


Sebelumnya H.Nur Akmal Pengurus Masjid Kulliyatul Muslimin dihadapan awak media menyampaikan,"Masjid Kulliyatul Muslimin merupakan salah satu pusat kegiatan keagamaan di Nagari Koto Tuo, pengurus memiliki komitmen yang kuat untuk terus meningkatkan kualitas kegiatan keagamaan yang ada." 


Atas nama pengurus mewakili jamaah semuanya kami sampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran jajaran Kemenag Lima Puluh Kota yang telah menjadikan masjid Kulliyatul Muslimin sebagai lokus kegiatan thaharah tingkat Kabupaten, mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi spirit peningkatan amal ibadah menyambut bulan suci Ramadhan, "harap Buya Nur Akmal. 


Diakhir kegiatan Kakan Kemenag Lima Puluh Kota secara simbolis menyerahkan paket Al-Qur'an yang diterima oleh pengurus Masjid Kulliyatul Muslimin. (014)

Post a Comment

0 Comments