Hasil Seleksi SNBP Akan Diumumkan: Ketua MRPTNI Prof. Ganefri Sampaikan Apresiasi.



IMPIANNEWS.COM

Jakarta – Dalam rangka memberikan informasi awal terkait pengumuman hasil seleksi jalur SNBP 2023, Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) menyelenggarakan konferensi pers yang disiarkan langsung melalui akun resmi Youtube dan Instagram SNPMB (27/3). Sesuai dengan jadwal yang telah diumumkan sebelumnya, pengumuman hasil seleksi jalur SNBP akan dilaksanakan besok (28/3) setelah jam 15.00 WIB. 

Plt. Dirjen Diktiristek Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D yang membuka acara menyampaikan bahwa SNBP memberikan kesempatan kepada siswa yang berprestasi di kelas maupun diluar kelas. Sedangkan bagi peserta yang belum lulus SNBP, masih terdapat kesempatan melalui jalur tes yaitu jalur SNBT dan Jalur Mandiri. Selanjutnya Prof. Nizam menyampaikan bahwa SNBP yang telah dilaksanakan ini bersifat Inklusif, tidak memandang suku, ras agama, semua diberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan berkualitas di perguruan tinggi. “Semoga hasil seleksi ini dapat menghasilkan peserta yang terbaik”, pungkas Prof. Nizam. 

Selanjutnya, Ketua Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) yang juga Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerja keras panitia SNBP. Prof. Ganefri menyatakan bahwa proses seleksi sudah dilaksanakan dengan baik melalui proses yang panjang, mulai dari pengisian data PDSS hingga pengumuman yang akan dilaksanakan besok. “Proses panjang itu telah dilaksanakan secara objektif, adil akuntabel dan transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Semoga dengan proses tersebut didapatkan calon-calon mahasiswa yang bermutu. Oleh karena itu, selamat kepada para calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, semoga dapat berkiprah dengan prestasi cemerlang di Perguruan Tinggi pilihannya” demikian disampaikan Prof. Ganefri. 

Selanjutnya Saryadi, S.T., MBA. Sesdirjen Diksi yang mewakili Dirjen Diksi menyampaikan bahwa Dirjen Diksi selalu terbuka untuk berkolaborasi meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, sehingga tercipta pendidikan yang berkualitas. 

Pemaparan materi konferensi pers SNBP selanjutnya disampaikan oleh Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng yang memaparkan bahwa pada tahun 2023 ini terdapat sejumlah peningkatan statistik SNBP dibandingkan dengan SNMPTN tahun lalu. Pertama, jumlah sekolah yang melakukan finalisasi data SNBP meningkat menjadi sebanyak 21.702 sekolah, dan jumlah siswa yang finalisasi adalah sebanyak 663.181 orang. Dari peserta yang melakukan finalisasi tersebut, jumlah peserta yang diterima adalah sebanyak 143.805 orang, dengan rincian sebanyak 128.045 diterima pada pilihan 1, dan 15.760 diterima pada pilihan 2. Dengan demikian, persentase keketatan SNBP 2023 adalah sebesar 21,68%. 

Selanjutnya jumlah Perguruan Tinggi Negeri yang terlibat adalah sebanyak 137 PTN, terdiri dari 76 PTN Akademik, 18 PTKIN dan 43 PTN Vokasi. PTN dengan pendaftar terbanyak adalah Universitas Brawijaya (26.487 pendaftar), Universitas Gadjah Mada (25.954 pendaftar) dan Universitas Diponegoro (24.598 pendaftar). 

Prof Ashari juga menyampaikan PTN penerima peserta terbanyak adalah Universitas Brawijaya (5.380 pendaftar), Universitas Negeri Surabaya (5.254 pendaftar), Universitas Pendidikan Indonesia (3.374 pendaftar) dan Universitas Negeri Padang (3.050 pendaftar).

Selanjutnya Penerima KIP Kuliah Terbanyak adalah Universitas Malikussaleh (1.549 pendaftar), Universitas Negeri Padang (1.267 pendaftar) dan Universitas Syiah Kuala (1.153 pendaftar).

Di akhir pemaparan presentasinya, Ketua SNBP menyampaikan bahwa pengumuman hasil seleksi jalur SNBP 2023 dapat diakses di pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan snbp.unp.ac.id, atau pada 30 web mirror lainnya pada web perguruan tinggi negeri se-Indonesia. (OT/Humas UNP)

Post a Comment

0 Comments