Departemen Pendidikan IPA FMIPA UNP menyelenggarakan kuliah umum

IMPIANNEWS.COM

Padang - Menyongsong perubahan dunia yang semakin maju dan tingginya tuntutan dunia kerja terhadap sumber daya manusia berkualitas di masa mendatang, Departemen Pendidikan IPA FMIPA UNP menyelenggarakan kuliah umum pada hari Sabtu 11 Maret 2023 dengan menghadirkan pemateri Alia Noor Anoviar, founder dari careerclass_id,  platform pengembangan diri dan Sumber Daya Manusia. 

Tema yang diangkat dalam kuliah umum ini adalah “Self Improvement: Build Your Better Future”. Kuliah umum ini diiikuti sekitar 400 orang mahasiswa Pendidikan IPA FMIPA UNP dari angkatan 2019 hingga angakatan 2022. Untuk mendukung dan membuka kegiatan secara resmi Dekan FMIPA UNP Dr. Yulkifli, S.Pd, M.Si turut hadir dan memotivasi peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sepenuh hati karena akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.  

Alia Noor Anoviar adalah lulusan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang lulus sebagai mahasiswa dengan segudang prestasi dan pengalaman di bidang riset, dan pengabdian kepada masyarakat. Berbagai prestasi di bidang nasional didapatkan oleh beliau selama masa kuliah, bahkan Ia juga pernah mengikuti pertukaran pelajar dengan beasiswa penuh ke Mahidol University, Thailand. Semangat itu Ia tularkan kepada mahasiswa-mahasiswa saat ini dengan memberikan motivasi ke kampus-kampus agar mahasiswa mempunyai pandangan yang lebih optimis menghadapi masa depan. 

Dalam kuliah umum ini Alia menyampaikan bahwa sebenarnya bukan lapangan pekerjaan yang terbatas, akan tetapi kompetensi manusia yang memadai yang semakin sedikit. Ia menekankan bahwa keterbatasan ekonomi dan keadaan keluarga bukanlah alasan untuk tidak menjadi orang yang sukses di masa mendatang. Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Kepala Departemen Pendidikan IPA Dra. Yurnetti, M.Pd bahwa untuk mempersiapkan masa depan yang baik mahasiswa perlu mengenali dan menggali potensi diri. 

Dalam kuliah umum ini mahasiswa mendapatkan ilmu dan wawasan yang berbeda dari yang biasa didapatkan di bangku kuliah, diantaranya bagaimana agar mahasiswa memiliki mental yang kuat untuk menghadapi rintangan-rintangan dalam hidup, motivasi untuk menjadi lebih baik dan bermanfaat, bahkan mahasiswa juga diajarkan bagaimana membuat CV yang baik sebagai persiapan untuk memasuki dunia kerja. Antusiasme peserta terlihat dari kefokusan peserta dalam kegiatan perkuliahan serta munculnya banyak pertanyaan ada sesi diskusi.*

Post a Comment

0 Comments