Bagaimana Kualitas Pendidikan Yang Ada Australia?

Foto/Edsource

Oleh: Amanda Titian Pamedia Azri
(Mahasiswa Sastra Inggris Unand)

IMPIANNEWS.COM

Untuk menentukan kualitas dalam sumber daya manusia di suatu tempat atau negara, Dengan memiliki sistem Pendidikan yang baik dan menyajikan sistem Pendidikan yang cepat,tanggap dan efesien adalah menjadi salah satu caranya. Mengambil contoh dari salah satu negara maju yakni negara Australia, Australia sudah di ketahui oleh banyak kalangan bahwa mereka memiliki sistem Pendidikan yang sangat baik.

Sistem Pendidikan di Australia yang disiapkan oleh pemerintah setempat begitu banyak macam ragamnya dan sudah meliputi banyak jenis institusi Pendidikan yang ada disana, dari mulai Pendidikan dasar sampai universitas universitas, tak hanya itu Australia juga menyiapkan Lembaga Lembaga pelatihan dan Pendidikan Pendidikan tinggi lainnya. Yang mana mungkin banyak negara negara maju lainnya belum mempersiapkan sistem Pendidikan yang cukup matang seperti Australia.

Namun jauh sebelum Australia memiliki sistem Pendidikan yang cukup kuat seperti pada masa sekarang ini, di kutip dalam buku “Quality of education in Australia Review Committe”, Pemerintah Australia  telah melewati berbagai macam peninjauan program pada sistem sekolah - sekolah di seluruh kota yang ada di Australia yaitu sistem sekolah (di Queensland, Australia Selatan dan Australia Barat) hingga pendidikan dasar dan menengah pertama (Australia Capital Territory), pendidikan menengah (New south wales) dan penyediaan layanan di tingkat menengah atas (Victoria). Di Victoria dan Tasmania, peninjauan ini juga telah dilakukan pula terhadap struktur dan operasi departemen pendidikan dalam kurun waktu yang cukup lama, yaitu pemerintah telah melakukan peninjauan terhadap kesejahteraan Pendidikan di Australia sejak tahun 1984.

Salah satu keunggulan  yang membedakan sistem Pendidikan di Negeri kanguru ini dari pada sistem Pendidikan di negara negara lain ialah, mereka bukan hanya berfokus kepada hal hal akademik saja, namun sistem Pendidikan di Australia juga berfokus kepada pengembangan keterampilan dalam bersosialisasi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama, kemampuan dalam kepemimpinan, kemampuan memiliki kepercayaan diri, dan memiliki keterampilan praktis dan kritis.  

Tak hanya sampai disitu, sekolah sekolah yang ada di Australia juga banyak menanamkan Pendidikan tentang betapa pentingnya lingkungan dan budaya budaya yang jelas sangat beragam, hal ini di latar belakangi oleh sejarah Pendidikan yang ada di Australia, yaitu 

Dikutip dalam buku “A History of Australian Education “, Pendidikan pertama di Australia ialah Pendidikan pribumi atau yang kita kenal dengan sebutan suku Aborigin , yang mana anak- anak aborigin mempelajari pengetahuan tentang spiritualitas, nilai-nilai budaya, menemukan tempat berlindung bahkan mencari makan dengan cara berburu.

Namun dengan tergerusnya zaman, Pendidikan di Australia pelan-pelan berubah menjadi Pendidikan yang lebih modern yaitu dengan sejarah singkatnya Pada tahun 1860, bersamaan dengan perbaikan sistem pendidikan, dibukanya universitas pertama kali di Sydney dan Melbourne. Pada abad ke-19, pendidikan swasta juga pelan-pelan berkembang, karena merupakan satu-satunya pilihan bagi mereka yang mencari gelar universitas. Akibatnya, sekitar sepertiga dari semua siswa di Australia bersekolah di sekolah swasta. Pada abad ke-20, perubahan kebijakan membuat sekolah dapat diakses dan terbuka untuk semua anggota masyarakat. Dan di abad ke-21, sekolah menengah diselesaikan oleh sebagian besar kelompok demografis. Dan universitas telah dapat diakses oleh berbagai kelompok mahasiswa sampai pada masa sekarang. 

Dengan banyaknya hal hal yang tlah Australia kembangkan di dalam sistem pendidikannya, ini bisa menjadi masukan atau saran untuk kemajuan sistem Pendidikan kita yang ada di Indonesia untuk memperhatikan hal-hal diluar bidang akademik dan membuat Lembaga-lembaga pelatihan layaknya yang di lakukan oleh sistem Pendidikan Australia. Jika kita kilas balik dengan segala kemajuan dan perkembangan sistem Pendidikan yang ada di Australia,  tak heran jika negara Australia ini menjadi salah satu dari 10 negara terbaik lainnya menjadi tempat untuk melanjutkan Pendidikan berdasarkan US News & World Report tahun 2020. 

Barcan, A , 1980.A History of Australian Education. Oxford University Press: Melbourne, Australia.

Quality of education in Australia : report of the Review Committee, April 1985

Post a Comment

0 Comments