Dosen Universitas Negeri Padang Ikuti Pelatihan English as a Medium of Instruction (EMI) Pathfinder Project.

IMPIANNEWS.COM

Padang -- English as a Medium of Instruction (EMI) Pathfinder Project merupakan pendekatan inovatif dan kolaboratif untuk mendukung pengembangan profesional Dosen di Perguruan Tinggi. Kegiatan ini berkaitan dengan desain, pengembangan dan evaluasi sumber daya pengembangan dosen profesional (teacher professional development/ TPD). Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Universitas Indonesia dengan The University of Sheffield Inggris. Pada kesempatan ini EMI melakukan pelatihan di Universitas Negeri Padang (UNP), terutama kepada para dosen yang mengajar di Kelas Internasional. 

Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada hari Senin hingga Jumat (16 sd 20 Januari 2023) di Ruang Rapat Senat Fakultas Teknik UNP. Kegiatan ini diikuti sebanyak 27 orang dosen dari Prodi-Prodi UNP yang menyelenggarakan Kelas Internasional. 

Pada pembukaan yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom Virtual Conference, Koordinator Tim dari The University of Sheffield David Read menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan EMI Pathfinder Project adalah untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada para tutor dan dosen sehubungan dengan EMI pada Universitas Negeri Padang. Ia berharap, di masa depan EMI Pathfinder Project akan memberikan dampak kepada Pendidikan Tinggi di Indonesia, terutama peningkatan pengetahuan dalam pengimplementasian EMI, dukungan institusi untuk pelatihan dan diseminasi EMI, munculnya program-program pelatihan EMI, meningkatnya kinerja mahasiswa pada program EMI, dan meningkatnya student-centered lecturing pada program EMI. 

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt. Dalam sambutannya, WR I UNP mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan tersebut, terutama kepada David Read dari The University of Sheffield dan Harumi Manik Ayu Yamin dari Universitas Indonesia. Hal ini terutama karena UNP telah memiliki banyak kelas Internasional pada berbagai Prodi, dan salah satu tantangan yang dihadapi adalah kemampuan berbahasa Inggris, terutama dari mahasiswa. Untuk itu, WR I UNP berharap semoga pelatihan ini dapat terus berlanjut pada batch berikutnya, serta dapat meningkatkan kemampuan dari dosen Kelas Internasional. 

WR I UNP juga berharap agar seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti rangkaian pelatihan dengan serius dan komitmen. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Dekan, Wakil Dekan I dan Ketua Prodi yang telah menugaskan dosen-dosen untuk mengikuti pelatihan ini. (Humas UNP)

Posting Komentar

0 Komentar