SMP ICBS Payakumbuh Peduli Kelestarian Kuliner dan Masakan Khas Minang

.

IMPIANNEWS.COM

Payakumbuh, - Sekitar 150 orang santri didampingi sejumlah majlis guru SMP Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh gelar kunjungan belajar ke Sentra Produksi Rendang di Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Senin (19/12/2022) siang. 


Kunjungan dipimpin Kepala SMP ICBS, Ustadz Eddi Rusydi Arrasyidi disambut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnekerperind) melalui Kepala UPTD P3R diwakili Kaur TU, Rendi Rozeno 


Kesemparan itu, Rendi Rozeno mengucapkan selamat datang di rumah Produksi IKM Dapur Sentra Rendang Payakumbuh sebagai lokasi pembelajaran bagi siswa dalam membuat rendang.


"Sejak 3 tahun belakangan Kota Payakumbuh sudah diberikan brand dengan the city of randang, untuk mendukung branding tersebut Pemerintah Kota Payakumbuh menciptakan program sebagai pendorong agar seluruh masyarakat Indonesia tahu bahwa Payakumbuh sudah ditetapkan sebagai kota penghasil rendang terbesar, dan berkesinambungan," ucapnya.


Kepala SMP ICBS, Eddi Rusydi Arrasyidi menyampaikan ucapan terima kasih yang kepada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh selaku OPD yang menaungi Dapur Sentra Rendang yang memberikan kesempatan bagi santri ICBS untuk lebih mengenal sejarah serta proses produksi di Dapur IKM Rendang.


"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari ICBS dalam menjaga kelestarian kuliner makanan rendang. Bersama ini kita lebih mengenalkan kepada santri, apa itu randang. Diharapkan mereka bisa mengaplikasikannya kelak di kampungnya," tukasnya


Terpisah, Kadis Nakerperin Yunida Fatwa mengatakan Program School of Randang adalah inovasi yang diciptakan Disnakerperin Payakumbuh untuk mendukung dan menjaga kelestarian budaya dan kuliner randang dan marandang. Baru Kota Payakumbuh yang melakukannya, saat ini," ucapnya


Yunida berharap program school of Rendang ini didukung oleh seluruh masyarakat maupun lembaga pendidikan dan organisasi kemasyarajatan, agar kelestarian tradisi marandang ini bisa selalu terjaga.(014)

Posting Komentar

0 Komentar