Mahasiswa Psikologi Unand Memberikan Intervensi Kepada Masyarakat Mengenai Siaga Bencana


Oleh: Aminah Az-Zakhro dan Tim Mahasiswa Tugas Akhir Mata Kuliah Psikologi Bencana di Batu Busuk, Kota Padang.
(Mahasiswa Psikologi Universitas Andalas)

IMPIANNEWS.COM

Sumatera barat tepatnya dikota padang akhir ini memang sering dilanda hujan deras beserta angin kencang, Seperti yang kita tahu kota padang memang gudangnya bencana alam, hal ini dikarenakan kota padang yang dihimpit oleh lautan yang sangat indah.

Namun, Hujan deras yang melanda wilayah kota padang, pada Rabu (21/11/22) membuat bagunan TK/Paud Bustanum ulum di Batu Busuk RT 001 RW 003 Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh Kota Padang tertimbun longsor.

Longsor adalah kejadian atau peristiwa geologi yang disebabkan oleh pergerakan massa batuan, tanah atau puing-puing yang menuruni suatu lereng. Longsor memang sangat rentan terjadi dipemukiman masyarakat yang berdekatan dengan bukit, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari pihak BPBD kota padang dan kepala RT bahwa longsor ini terjadi di malam hari pada pukul 20.08 Wib Adapun bangunan yang terdampak adalah Tk/ Paud yang berada diatas bukit serta rumah kepala RT yang bertepatan diseberang Tk. Hal ini tentunya membuat kerugian secara material ataupun non material kepada masyarakat yang terdampak.

Hal ini membuat mahasiswa psikologi ingin meninjau lebih lanjut kepada korban yang terdampak mengenai kondisi psikis korban serta intervensi berupa psikoedukasi untuk siaga bencana susulan kepada warga sekitar.

Niar (45 tahun) mengaku bahwa disaat terjadi bencana ia sedang berada di kamar mandi dan mendengar bunyi yang sangat nyaring diatas genteng rumah ternyata bangunan Tk telah roboh mengenai genteng dan pagar rumahnya.

Disaat kejadian korban sangat ketakutan dan syok memanggil anggota keluarga untuk keluar dari pintu belakang, bahkan setelah kejadian korban tidak berani tidur hingga pagi karna takut adanya longsor susulan.

Setelah melakuakan wawancara mahasiswa psikologi memberikan intervensi berupa psikoedukasi dan membagikan pamflate kepada warga, dengan harapan hal ini dapat menambah pengetahuan warga tentang hal yang harus dipersiapkan Ketika terjadi bencana susulan.

Posting Komentar

0 Komentar