Warga Jorong Padang Rantang Laksanakan Shalat Gerhana Bulan di Mesjid Mukhlisin

.

IMPIANNEWS.COM

Limapuluh Kota, - Usai mendirikan shalat Magrib berjemaah di Mesjid Mukhlisin, kembali puluhan warga Jorong Padang Rantang Nagari Koto Tuo Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota bersiap untuk mendirikan shalat sunat gerhana bulan (khusuf), tepatnya pukul 18.42 menit, Selasa (08/11/2022). 


Disamping mendirikan syariat islam, melalui contoh yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, shalat sunat gerhana bulan yang didirikan warga disini sebagai tindak lanjut Surat Edaran Kepala Kankemenang Kabupaten Limapuluh Kota yang disebarkan ke seluruh mesjid oleh penyuluh agama islam.


Jelang pelaksanaan shalat sunat ini, ustaz H. Syahrir selaku khatib memberikan arahan dan petunjuk pelaksanaan shalat sunat yang jarang dilaksanakan ini, serta tata caranya juga beda dengan shalat biasanya dilakukan. Karena shalat sunat gerhana memiliki 2 ruku dan i'tidal. Bacaan surat al fatihahnya juga dua kali, dilanjutkan surat panjang.  


Kesempatan itu, Shalat sunat gerhana bulan diimami ustaz Muslim, pimpin puluhan jemaah yang ikut belajar didalamnya para santri TPQ mesjid ini.


Khatib Syahrir dalam khutbahnya mengajak jemaah untuk meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Gerhana adalah kebesaran dan kekuasaan Allah yang terjadinya juga ditentukan Allah.


"Jam ini terjadi gerhana bulan, Allah tunjukkan Kekuasaan dan kebesarannya serta maha mengendalikan alam dan isinya.


Tidak ada yang bisa mengendalikan alam semesta, kecuali Allah. Allah mengatur panca indra, organ tubuh oita pada posisi yang tepat. Sehingga semua berjalan sebaik baiknya. Allah juga mengatur astronomi. Dengan gerhana bulan ini, mari kita semakin yakin dan menambah keimanan kita, umur kita sudah diatur Allah. Mari kita manfaatkan untuk meningkatkan iman dan syukur kita kepada Allah. Mari kita berhitung diri, sudah berapa amalan baik kita perbuat untuk kembali kepada Allah,"papar Syahrir mengurai surat al ashr.


"Mari kita pandai bersyukur, semua anggota tubuh kita pandai bersyukur. Selalu merasa bersyukur, jauh dari gelisah. Banyak harta, semakin banyak syukur. Malas bersyukur dengan berinfaq, Maka Allah peringatkan kita dengan cobaan, seperti dirawat di rumah sakit, rumah tangga kacau, kondisi lembaga juga tak karuan. Inilah cobaan dan teguran Allah untuk kita yang pandai berpiki. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita, dan Allah juga menjauhkan negeri kita dari bala bahaya,"ulasnya.


"Alhamdulillah, 3 sholat bisa kita dirikan berjemaah, mulai dari sholat Magrib, lanjut sholat sunat gerhana, dan kita tutup sholat Isya secara berjemaah,"ujar Syahrir.


Terpisah, Kepala kankemenang Kabupaten Limapuluh Kota, H. Irwan sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada muslim yang sudah memenuhi himbauan pemerintah melalui kementerian agama.


"Tugas kita adalah mengajak dan menghimbau kaum muslim untuk menjalankan syariat islam,"singkatnya.(ul)

Posting Komentar

0 Komentar