Menpora RI Tutup POMNas XVII Sumbar.

IMPIANNEWS.COM

Padang-- Pada hari ini tanggal 26 November 2022, malam ini secara bersama-sama kita dapat melaksanakan “Penutupan POMNas XVII Tahun 2022 di Sumatera Barat”. Sudah selama 11 hari rata-rata para atlet telah berada di Ranah Minang, bertarung di arena pertandingan POMNas XVII, dengan semangat dan daya juang yang hebat, bermandikan peluh tanpa mengeluh, mengejar impian untuk dan kemenangan, segala kemampuan telah dikeluarkan untuk mengejar prestasi  yang berbuah medali.

“Marilah melalui spirit POMNas ini, mari kita bersama membangun semangat berprestasi, dengan sportifitas bertanding yang telah ditunjukan, untuk bangkit kembali setelah Pandemi, untuk mengukir prestasi dan membawa hasil yang telah diraih untuk daerahnya masing-masing dan tentunya kita persembahkan semuanya untuk Negeri Tercinta Indonesia,” Ungkap Rektor UNP

POMNAS tahun ini yang bertemakan “Wujudkan Talenta Mahasiswa Unggul menuju Indonesia Emas” dengan moto "Hebat, Bersahabat, Terhormat". Acara ini telah dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan Riset dan Teknologi Mas Nadiem Anwar Makarim mulai tanggal 17 November 2022 dan berlangsung sampai hari ini Tanggal 26 November 2022 dan segera ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Bapak Prof. Zainuddin Amali. POMNas ini mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pencak Silat, Petanque, Tarung Derajat, Tenis, Renang, dan Sepak Takraw, Bulu Tangkis, Panjat Tebing, Karate dan Taekwondo 

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dalam  sambutannya menyampaikan terimakasih atas partisipasi semua pihak dalam menyukseskan POMNas ke XVII dan Prof. Ganefri juga menyampaiakan maaf atas segala kekurangan dan ketidaknyamanan para kontingen selama mengikuti POMNas ke XVII di Sumatera Barat. 

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) ke XVII yang dilaksanakan sejak tanggal 17 sampai taggal 26 November diikuti oleh 2985 Atlet dari 14 cabor olahraga. Para atlet berasal dari 408 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. POMNas mejadi ajang bergengsi bagi para atlet yang berasal dari mahasiswa dimana mereka dapat menunjukkan eksistensi diri dalam rangka mengembangkan bakat mereka.

Pada POMNas ke XVII ini DKI Jakarta keluar sebagai Juara Umum dengan torehan 49 medali emas 33 medali perak 33 medali perunggu posisi kedua diraih kontigen Jawa Tengah dengan perolehan medali 28 Emas 23 Perak 38 Perunggu Posisi ketiga diraih kontingen Jawa Timur dengan perolehan medali 21 Emas 29 Perak  22 Perunggu Posisi keempat diraih kontingen Jawa Barat dengan perolehan medali 14 Emas  21 Perak 26 Perunggu Dan Posisi kelima diraih oleh kontingen tuan rumah Sumatera Barat dengan perolehan medali 14 Emas 8 Perak 14 Perunggu. Peringkat ke-6 Provinsi Sumatera Utara dengan 8 Emas, 9 Perak, 13 Perunggu. Peringkat ke-7 Provinsi Bali dengan perolehan 6 Emas, 4 Perak, 12 Perunggu. Peringkat ke-8 Provinsi DI Yogyakarta dengan perolehan 5 Emas, 5 Perak, 10 Perunggu. Peringkat ke-9 Provinsi Sulawesi Selatan dengan perolehan 3 Emas, 6 Perak, 16 Perunggu. Peringkat ke-10 Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan perolehan 3 Emas, 3 Perak, 1 Perunggu.

Penyeleggaraan POMNas ke XVII ini tidaklah mudah terdapat beberapa kendala yang dialami, namun berkat kekompakan seluruh tim dan kerjasama dari seluruh kotingen sehingga event ini dapat terlaksana dengan optimal. Kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pengurus Pusat induk organisasi 14 cabang olahraga yang dipertandingkan pada POMNas, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Akademi Teknologi Industri Padang, dan panitia penyelenggara beserta wasit juri atas segala upaya untuk mensukseskan gelaran POMNas ke XVII ini.

Dalam kegiatan POMNas ini Tuan Rumah Sumatera Barat memperoleh Tri Sukses, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses menarik minat investasi & ekonomi untuk daerah. Terlaksananya POMNas ke XVII mejadi simbol kebangkitan olahraga di wilayah sumatera barat dan gerbang untuk Sumatera Barat khususnya Universitas Negeri Padang melaksanakan event yang lebih besar lagi. Kami Universitas Negeri Padang selalu siap mengabdikan diri dan berkontribusi untuk kemajuan  bangsa Indonesia.

Dalam pertemuan sarasehan disepakati POMNas ke XVIII akan dilaksanakan di Banjarmasin Kalimantan Selatan pada tahun 2023 kami turut mendoakan agar agenda POMNas ke XVIII dapat terlaksana sesuai jadwal dan berjalan dengan baik. Sampai bertemu di POMNas XVIII Kalimantan Selatan.

Selanjutnya sebagai tuan rumah, UNP  mewakili Perguruan Tinggi di Sumatera Barat mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak dalam mensukseskan event POMNas ke XVII, “Semoga kerja kita menjadi catatan ibadah kita dalam upaya menghasilkan sumber daya manusia yang lebih unggul melalui kegiatan olahraga. Dan mohon maaf atas segala kekurangan dan ketidaknyamanan para Kontingen selama mengikuti POMNas di Sumbar ini,”ungkap Rektor UNP. Tentunya pelaksanaan event besar seperti POMNas tak luput dari kendala terutama cuaca, berupa hujan yang menguyur Sumatera Barat selama hampir dua minggu. Seperti sebuah semboyan Rumah Makan Padang “Kalau Anda Puas sampaikan pada orang lain, Kalau anda Tidak Puas sampaikan pada kami”. (Humas UNP)

Posting Komentar

0 Komentar