Memberikan Pengajaran Penerapan Matematika di UPTD SD N 01 Sungai Antuan

Oleh: Fanisa Zunil

IMPIANNEWS.COM

Artikel - Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting di sekolah. Tetapi banyak siswa yang menganggap matematika itu sulit dan membosankan. Banyak juga siswa yang terang-terangan mengatakan bahwa ia tidak mau belajar matematika. Padahal matematika itu salah satu pelajaran yang berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari. 

Melihat bagaimana reaksi para siswa terhadap matematika di masa ini, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas yang melaksanakan baktinya di Nagari Sungai Antuan berinisiatif untuk melakukan pengajaran matematika di UPTD SD N 01 Sungai Antuan. Konsep yang dibawakan oleh Mahasiwa KKN yaitu menyebarkan poster dengan Penerapan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari sambil mengajarkan perkalian kepada para siswa. Karena dengan mengetahui Penerapan Matematika yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan para siswa lebih giat untuk belajar matematika untuk kebutuhan dirinya sendiri.

Tidak disangka-sangka, respon para siswa SD N 04 Sungai Antuan sangat beragam terhadap pengajaran matematika dari Mahasiswa KKN. Ada yang senang, ada yang sedikit murung saat mendengar kata matematika, ada juga yang memang benar-benar ingin belajar matematika. 

Saat diberikan pertanyaan, ternyata banyak dari siswa memang belum mengetahui penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Padahal tanpa disadari, setiap hari mereka berhubungan erat dengan matematika. Seperti saat berbelanja di kantin, saat mengira-ngira berapa jarak dari rumah mereka ke sekolah, sampai saat membantu Ibunya membuat kue takaran-takarannya pun berkaitan dengan matematika.

Dengan penyebaran poster, para siswa jadi tahu lebih banyak tentang penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Karena sudah tahu bahwa matematika itu penting, mereka jadi lebih semangat untuk belajar matematika kedepannya. Karena matematika sebenarnya tidak sulit, hanya perlu keseriusan dalam belajarnya dan pengetahuan bahwa matematika itu penting agar para siswa dapat belajar lebih giat lagi.

Posting Komentar

0 Komentar