Sadari Pentingnya Kemampuan Berbahasa Asing, Mahasiswa KKN Universitas Andalas Adakan Sosialisasi dan Pelatihan Bahasa Jepang kepada Siswa SMP di Nagari Kambang Barat


Penulis : Nabila Intani Umari 
(Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Andalas)

IMPIANNEWS.COM

Nagari Kambang Barat Kecamatan Lengayang terdiri dari lima kampung. Mengutip perkataan Wali Nagari Kambang Barat, Awaludin "Daerah kampung Pasar Kambang dan Pasar Gompong adalah daerah yang berada di pesisir pantai sedangkan kampung Rangeh, Talang dan Tebing Tinggi adalah daerah yang berada di perbukitan dengan banyak sungai dan rawa". 

Perbedaan tersebut membuat nagari Kambang Barat memiliki banyak potensi ekonomi untuk dikembangkan seperti pertanian, peternakan, nelayan,  perdagangan bahkan potensi pariwisata.

Genta selaku pendiri organisasi pemuda 'rumah kita', membenarkan besarnya potensi-potensi tersebut 'Nagari Kambang barat ini adalah nagari yang memiliki banyak potensi. Salah satu yang paling terbesar adalah potensi wisata.  Kami punya laut untuk berselancar, punya sungai untuk jadi sarana olahraga arum jeram,  punya air terjun dan banyak lainnya".

Kepala kampung Pasar Gompong Yunarmasyah melanjutkan "Benar,  akan tetapi kesadaran masyarakat untuk menggali potensi tersebut masih kurang. Oleh karena itu para pemuda sangatlah besar perannya,  para pemuda dari kelompok rumah kita pernah melakukan beberapa acara, untuk saat ini para pemuda sedang merancang untuk menerbitkan buku tentang pariwisata di kambang barat.

Saat ditanyai lebih lanjut mengenai  apakah pemuda dari Nagari Kambang Barat pernah melakukan semacam pelatihan khusus untuk pelatihan kepariwisataan.  Genta mengatakan bahwa pemuda pernah melakukan kegiatan pelatihan bahasa asing bersama demi menyambut kemungkinan adanya turis asing, namun kegiatan tersebut berjalan kurang lancar sebab rendahnya tingkat kesadaran pemuda akan pentingnya kemampuan berbahasa asing. 

"Belajar bahasa asing itu sulit dan tidak terlalu menyenangkan. Belajar bahasa asing pun hanya bahasa Inggris terus. Kadang rasanya bosan bahasa Inggris terus. Selain itu,  di tempat kami hanya ada sedikit tempat belajar bahasa asing" ujar Zukri, salah satu pemuda  di Nagari Kambang Barat.

Menyadari realitas yang ada di Nagari Kambang Barat yang memiliki banyak potensi pariwisata serta rendahnya tingkat pemuda yang ingin belajar bahasa asing demi meningkatkan potensi hal tersebut, membuat mahasiswa KKN Universitas Andalas pun mengadakan sosialisasi dan pelatihan bahasa asing khususnya bahasa Jepang untuk meningkatkan kesadaran pentingnya kemampuan berbahasa asing.  

Untuk mewujudkan hal tersebut mahasiswa KKN Universitas Andalas mengadakan sosialisasi tentang kesadaran asing.  Pada 3/8/2022 mahasiswa KKN melakukan audiensi kebeberapa pihak di Nagari Kambang Barat salah satunya di SMP N 1 Lengayang.  

Dalam proses audiensi tersebut, tujuan mahasiswa KKN diterima dengan baik oleh Wakil Kepala SMP N 1 Lengayang Murtiningsih. "Wah,  itu ide yang baik. Kemampuan berbahasa asing sangatlah penting. Bahkan pada zaman seperti sekarang ini,  menguasai bahasa asing tidak cukup dengan menguasai bahasa Inggris saja. Harus ada bahasa asing pendukung lainnya".

Wakil Kepala Sekolah juga menambahkan "Alangkah baiknya jika kegiatan yang adik-adik KKN lakukan bukan hanya kegiatan sosialisasi,  tetapi juga ada kegiatan belajar bahasa asing yang baru. Bahasanya bisa disesuaikan dengan bahasa yang mungkin adik-adik ajarkan." 

Kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menguasai bahasa asing khususnya bahasa Jepang, dilakukan pada pada tanggal 13/8/2022. Kegiatan ini diikuti mahasiswa KKN universitas Andalas 2022 serta siswa-siswi kelas sembilan SMP N 1 Lengayang.

Tercatat sebanyak 39 orang siswa-siswi mengikuti kegiatan sosialisasi ini.  Sosialisasi berhasil dilakukan dengan baik.  Berkat sosialisasi ini siswa mendapat pemahaman baru tentang pentingnya kemampuan berbahasa asing serta meningkatkan minat mereka untuk belajar bahasa asing. 

"Aku baru tau kalau kita itu harus melestarikan bahasa daerah, mengutamakan bahasa indonesia dan menguasai bahasa asing berkat sosialisasi ini" ucap Fauzia Janatul Hasanah salah satu peserta sosialisasi.  

Ia juga menambahkan  "Aku nggak sabar untuk ikut belajar bahasa Jepang dan bahasa asing lainnya."

Dengan semakin tingginya tingkat kesadaran yang dimiliki oleh generasi muda Kambang Barat untuk menguasai asing, maka kesempatan untuk mengembangkan potensi-potensi khususnya potensi pariwisata di Kambang Barat kedepannya akan semakin mudah untuk terwujud.

Posting Komentar

0 Komentar