Pengenalan Sistem Pompa dan Pemipaan pada Hidroponik kepada Kelompok Tani Boncah Takuluak di Nagari Sungai Antuan


Oleh: Septian Maulana Putra
(Mahasiswa Universitas Andalas)

IMPIANNEWS.COM

Mahasiswa Universitas Andalas melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari tanggall 25 Juli 2022. Pada kali ini mahasiswa dilepaskan ke berbagai nagari di Sumatera Barat untuk KKN. Berbeda dengan tahun sebelumnya, KKN sebelumnya hanya berdasarkan domisili dari mahasiswa tersebut. Pada Tahun ini mahasiswa disebar ke seluruh penjuru Sumatera Barat. Salah satu nya yaitu Nagari Sungai Antuan. 

Selama KKN ini, mahasiswa akan mengabdi ke masyarakat dilokasi KKN nya dan juga menjalankan program yang telah direncanakan oleh masing masing orang. Program tersebut berdasarkan minat, bakat serta berdasarkan jurusan dari mahasiswa tersebut. Program tersebut juga didasarkan pada apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan nagari.

Salah satu program kerja tersebut yaitu Pengenalan sistem pompa dan pemipaan pada Hidroponik yang lebih modern. Hidroponik yang digunakan yaitu Hidroponik NFT (Nutrient Film Technique). Disini tujuannya agar kelompok tani di Nagari Sungai Antuan mengenal adanya cara bercocok tanam yang lebih modern  dengan hasil yang lebih bagus. Target program ini yaitu kelompok tani Boncah Takuluak di Nagari Sungai Antuan. 

Pada program ini diberikan berupa pengenalan pompa dan sistem pipa pada hidroponik ini dan pemberian poster berupa design dasar dari sistem hidroponik modern ini. Poster ini juga berisi apa itu hidroponik dan dan apa saja kelebihan dari hidroponik itu sendiri. 

Pada saat penyampaian, kelompok tani ini cukup antusias dengan bertanya dan senang dengan pengenalan hal baru yang belum begitu dikenal oleh masyarakat. Apalagi dengan sistem yang sudah moderen, jadi hasilnya pasti akan lebih maksimal. Semoga dengan program KKN ini masyarakat dapat mengaplikasikan pengalaman yang telah di bagikan oleh maasiswa.

Posting Komentar

0 Komentar